Tren Jilbab Artis

29 Jan

Metrogaya-Sekitar satu-dua tahun terakhir ini, di kota-kota besar Indonesia trend pakaian muslimah semakin meningkat, terutama untuk kerudung atau jilbab. Tidak sedikit trend ini seiring dengan gaya busana seorang artis atau publik figur dengan jilbab yang dipakai, sehingga memunculkan nama jilbab seperti nama artis. Menamai busana muslim dengan nama artis, bukan baru kali ini terjadi.

Dulu orang mengenal mukena Krisdayanti, baju muslim Tamara, dan kerudung Mbak Tutut. Kini, nama-nama itu berganti menjadi nama artis yang sedang naik daun semisal Zaskia Adya Mecca, Rianti Cartwright, sampai Manohara dan mungkin entah siapa lagi artis wanita yang menjadi trendsetter. Jika tertarik, silakan cari saja ke pusat perbelanjaan terdekat. Selain jadi nampak rapi dalam balutan busana muslimah, sekaligus mengikuti trend.

Jilbab Rianti atau Aisyah Ada model jilbab Rianti (Cartwright) atau jilbab yang dipakainya saat main film Ayat-ayat Cinta. Melihat penampilan Rianti di Ayat-ayat Cinta yang cantik dengan jilbab bercadar, produsen busana muslim pun bergerak cepat. Beramai-ramai mereka memproduksi jilbab model sejenis, meski tak persis sama.

Jilbab Aisyah atau AAC cara memakainya mudah, tinggal masukkan ke kepala, kainnya menutup sampai dada. Di bagian leher dilengkapi dua tali lebar dan panjang. Sementara itu yang dimaksud jilbab bercadar adalah karena tali lebarnya bisa dijadikan cadar seperti yang dipakai Rianti di AAC. Bagi yang tak bercadar, tali lebarnya bisa dililit seperti syal di leher.

Belum hilang tren jilbab Aisyah atau Ayat-ayat Cinta, muncul gaya baru. Kali ini disebut jilbab Khumaira, peran yang kemudian dimainkan Rianti dalam sinetron religi Munajah Cinta, sinetron yang kemudian ia bintangi setelah main Ayat-ayat Cinta. Jilbab panjang dengan dua lapis bahan sebagai aksen itu laris manis diburu remaja sampai ibu-ibu.

Maraknya jilbab dengan julukan nama artis memang membuat produsen jilbab mampu mendongkrak penjualan. Para konsumen pun lebih tertarik membeli, karena dengan begitu, mereka seakan mengikuti tren.

Tak bisa dipungkiri, booming film bertema religi dan sinetron bertema serupa sangat besar pengaruhnya pada tren busana muslim di tanah air. Sejak film Ayat-ayat Cinta meledak di Tanah Air, muncullah sederetan film-film Islam lainnya. Seperti halnya di berbagai belahan dunia lain, masyarakat Indonesia ternyata juga suka meniru apa saja yang dikenakan sosok idolanya.

Jilbab Teh Nini dan Zaskia Selain Rianti, Teh Nini yang merupakan istri da’i kondang Aa Gym juga dijadikan trendsetter jilbab. Meski kepopuleran Aa Gym sudah mulai meredup setelah ia melakukan poligami, Teh Ninih ternyata masih sering disorot media, sehingga model jilbab yang ia kenakan jadi banyak disukai orang. Jilbab Teh Ninih modelnya panjang menutupi seluruh dada. Ada bagian bahunya ada belahan, dan biasanya dihiasi dengan detil payet atau sulam pita. Menurut penjual jilbab, biasanya wisatawan dari Malaysia atau Singapura yang berbelanja ke Indonesia lebih menyukai model jilbab Teh Nini.

Selain jenis jilbab yang panjang seperti jilbab Rianti dan Teh Nini, jilbab pendek seperti yang sering dipakai artis berkerudung Zaskia Adya Mecca juga menjadi incaran remaja-remaja. Memang kepopuleran Zaskia dan gaya hidupnya yang religius membuat ia jadi panutan para kaum perempuan muda. Meski berkerudung, ia selalu nampak chic dan fashionable, sehingga gayanya—termasuk jilbabnya—sering ditiru orang.

Jilbab Manohara Selain Rianti dan Teh Nini, bahkan Manohara dijadikan nama jilbab. Jilbab model Manohara mulai dipasarkan dan antusias masyarakat akan tren jilbab ini. Jilbab model Manohara sekarang sudah menjadi trend di kalangan ibu-ibu mau pun remaja putri yang menggunakan jilbab sehari-harinya.

Sejak pertengahan tahun 2009 ini nama Manohara Odelia Pinot memang tengah melambung. Sampai sinetron dengan judul Manohara sudah diproduksi dan ditayangkan. Peluang kepopuleran Manohara dengan jeli dimanfaatkan para perajin produsen dan pedagang jilbab kerudung.

Kalau Anda bingung, mengapa Manohara sampai dijadikan nama jilbab padahal ia tidak pernah menutup kepalanya dengan jilbab? Ternyata jawabannya adalah karena kepopulerannya, para produsen jilbab hanya memanfaatkan namanya untuk model jilbab tertentu. Ternyata hasilnya sangat memuaskan, baik bagi konsumen maupun produsen. Jilbab yang tebuat dari kain Paris ini memiliki ciri khas adanya bordiran dan payet berbentuk lingkaran kecil-kecil kombinasi besar di tepian kain jilbab kerudung.

Sumber:http://www.metrogaya.com/gayahidup/aksesoris/tren-jilbab-artis

About these ads

3 Responses to “Tren Jilbab Artis”

  1. jevi December 24, 2010 at 10:32 am #

    gambarna kuraaang banyaaakk

    • mahanigallery December 27, 2010 at 2:06 am #

      :) txs ya masukan nya kita usahain buat yg lainnya kita kasi tambahan gambar…

  2. nur June 28, 2012 at 1:27 pm #

    informasinya sangat membantu mbak, semakin banyak publik figur yang pake jilbab, sekain cepat syiar jilbab diterima masyarakat. alhamdulillah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,395 other followers

%d bloggers like this: