Metamorfosa Busana Muslim di Indonesia

24 Nov

Perkembangan pesat lini busana muslim membawa kecenderungan baru dalam bergaya. Kini muslimah bisa bereksperimen dengan busana. Menilik perkembangan busana muslim, rasanya pelaku mode Indonesia patut bersyukur. Pasalnya, busana yang pada awalnya dipandang rendah serta kental dengan stereotip negatif ini, sekarang menjelma menjadi gaya hidup wanita urban. Busana muslim kini dikenakan berbagai kalangan dan butik-butik busana muslim eksklusif pun bermunculan. Lini ini juga telah dimasukkan dalam agenda pergelaran mode, demi merumuskan tren  busana muslim tahunan. Evolusi pun terjadi. Busana muslim tidak hanya terbatas pada gamis, tunik, dan abaya, tapi semakin meluas. Bentuk-bentuk baru diperkenalkan. Kaftan dan djellaba yang dulu hanya dikenakan penduduk padang pasir, kini menjadi tren baru. Sementara bentukan lama dimodifikasi dengan garis rancang yang lebih kontemporer. Membawa era baru busana muslim yang lebih mudah diterima masyarakat.

Salah satu tren busana muslim yang sedang naik daun adalah paduan gaya bohemian yang unik. Gaya bohemian ditandai dengan gaun-gaun panjang longgar dan flowy, serta warna-warna terang. Selain itu trend motif bordir juga dibuat sedemikian kreatif seperti yang didesain oleh Butik Ranti sehingga wanita yang berbalut busana muslim pun terlihat anggun dan memberikan kesan elegan. Selanjutnya ada juga tren busana muslim juga mengarah pada gaya androgyny. Bahkan, gaya ini memiliki karakter kharismatik saat diaplikasikan dalam busana sehari-hari. Sehingga anda tidak perlu repot-repot dengan aksesoris.

Pada dasarnya berbusana muslim memang sudah menjadi sebuah trend yang menjadi sebuah budaya di Indonesia seiring dengan perkembangan gairah Islam di Indonesia pasca reformasi yang memberikan angin segar bagi geliat perkembangan busana muslim di Indonesia yang terbukti di dunia Indonesia terbukti menjadi negara tercepat untuk pergantian musim trend gaya-gaya busana muslimnya dan menjadi patokan bagi negara-negara lain di belahan dunia. Perkembangan busana muslim di Indonesia juga dimotori dengan banyaknya public figure seperti artis yang berhijrah dan mengenakan busana syar’i, hal ini menjadi sebuah peluang bagi desainer-desainer busana muslim untuk menjadikan public figure seperti artis untuk menjadi model atau trendsetter dari busana muslim yang kemudian diharapkan dapat menambah minat masyarakat luas untuk mengenakan busana muslim seperti jilbab, abaya, blouse, dan sejenisnya.

Perkembangan ini kemudian menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang busana-busana muslim di Indonesia terus berkembang dan berkreasi di Indonesia dan terus meningkatkan eksport ke luar karena Indonesia merupakan trendsetter bagi busana muslim di dunia.

Sumber: http://www.ranti.co.id

About these ads

4 Responses to “Metamorfosa Busana Muslim di Indonesia”

  1. rizhani December 9, 2010 at 10:34 pm #

    thanks y infonya sis, bagus banget artikelnya…

    klo sempat silahkan mampir ke sites kami di http://www.kerudungrizhani.com
    atau blog kami di http://www.rizhani.wordpress.com/

    • mahanigallery December 12, 2010 at 3:48 am #

      ok thanks udah mampir :D

      • rizhani December 13, 2010 at 3:47 am #

        ya…saya suka mampir2 kuq…hehhehehehheheheh
        saya tunggu artikel yang baru y sis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,395 other followers

%d bloggers like this: