Yang Bisa Dilakukan Agar Bumi Tetap Nyaman

6 Nov

Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang membicarakan efek pemanasan global dan keterkaitannya pada kondisi bumi. Namun tahukah anda bahwa pemansan global antara lain disebabkan oleh emisi karbon yang berkumpul membentuk lapisan di atmosfer ? Nah, emisi ini sebenarnya terjadi atau dihasilakn  salah satnya dari kegiatan sehari-hari kita., khususnya yang terkait dengan pembakaran bahan bakar fosil macam minyak dan gas.

Oleh karena itu, perlu peran serta kita dalam menekan laju terjadinya pemanasan global, antara lain melalui :

  1. Mengurangi penggunaan mobil dan motor. Biasakanlah menggunakan sepeda atau berjalan kaki untuk mengunjungi tempat yang dekat jaraknya. Selain hemat energi, cara tersebut sudah barang tentu membuat tubuh lebih sehat dan bugar.
  2. Jika dalam satu rumah atau komplek tempat tinggal ada lebih dari satu orang dengan tujuan yang searah, biasakanlah berbagi tempat. Selain memiliki teman sepanjang perjalanan menuju kantor, pengeluaran biaya untuk bensin pun akanlebih hemat jika ditanggung secara bersama.
  3. Hindari kebiasaan berpergian menggunakan pesawat terbang jika jarak tempuh yang dituju kurang dari 500 Km.
  4. Untuk anda yangmenggunakan kendaraan pribadi sebagai transportasi utama, biasakanlah mematikan mesin mobil bila menunggu lebih dari 1 menit, serta lakukan juga cek tekanan ban mobil karena apabila tekanan kurang 0,5 bar dari normal hanya akan meningkatkan penggunaan bahan bakar sebesar 5%.
  5. Hindari memanaskan mobil dalam posisi berhenti, karena mobil cenderug lebih cepat panas bila dikendarai, sehingga andapun bisa hemat BBM.
  6. Tidak membiasakan menaruh banyak barang yang tidak perlu dalam bagasi mobil karena penambahan beban sebanyak 100 KG hanya akan menambah penggunaan 1 liter BBM lebih banyak dalam jarak 100 Km.
  7. Akan lebih baik lagi jika kendaraan pribadi anda menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Sumber : Kompas, Rabu, 23 April 2008

2 Responses to “Yang Bisa Dilakukan Agar Bumi Tetap Nyaman”

  1. rera November 26, 2009 at 5:36 pm #

    saya sangat setuju denmgan pengurangan mobil atau motor akan tetapi negara ini semakin benyak saja pera pengguna mobil dan motor, dan sayangnya lagi para pengguna motor tidak dikenakan pajak. polusi dimana-mana, jalanan macet dan ramai..apa kata dunia kalau bumi ini rusak?

    • mahanigallery November 26, 2009 at 11:52 pm #

      betul sekali, menurut saya pemerintah pun harus segera membenahi fasilitas trasportasi umum, sebagai solusi untuk masyarakat indonesia yang makin hari makin sibuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: