Tips Memilih Busana Muslim

31 Aug

Busana muslim saat ini semakin berkembang dan mengikuti tren baik dari segi model, maupun variasi warnanya. Bisa dibilang, busana muslim sekarang menjadi semakin stylish dan fleksibel tanpa mengesampingkan kaidah dan aturan berbusana muslim yang baik dan benar. Dalam memilih busana muslim, pilihlah busana muslim yang sesuai kaidah dan aturan yang telah ditetapkan untuk kaum muslimah, yang nyaman dan sesuai dengan kepribadian, dan juga harus pas dengan situasi dan kondisi.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu cermati dalam memilih busana muslim :

  1. Pilih busana muslim yang sesuai aturan islam, yaitu yang menutupi aurat, pantas, tidak ketat, tidak transparan, tidak terlalu berlebihan (mewah), dan bisa melindungi diri dari sesuatu yang bisa mencederai.
  2. Usahakan memilih busana muslim yang juga disesuaikan dengan kondisi dan acara yang dihadiri. Artinya, harus juga disesuaikan dengan nuansanya apakah kasual, formal, semi formal atau lainnya.
  3. Cocokkan bahan, warna dan model busana muslim yang dikenakan dengan aktivitas yang dijalani. Jika dituntut aktif, dinamis, dan banyak beraktivitas, pilihlah bahan busana muslim yang menyerap keringat, tidak mudah kusut, dan sebaiknya yang two pieces (atasan dan bawahan) dengan bawahan celana panjang.

Rok panjang lebih baik digunakan untuk aktivitas yang tidak terlalu banyak bergerak atau aktivitas yang lebih banyak diam di tempat. Lengkapi juga koleksi busana muslim kamu dengan berbagai warna dari warna-warna cerah (pink, merah, kuning, biru muda, oranye, dan lainnya) sampai warna netral (putih, hitam, cokelat, biru tua, abu-abu).

  1. Bila ingin membeli busana muslim yang baru, jangan lupa untuk memcocokkan warna dan model dengan koleksi busana muslim kamu yang sudah ada. Hal ini penting loh, agar bisa dipadupadankan (mixed and matched) dan dikreasikan dengan koleksi busana muslim kamu yang sudah ada.
  2. Pilih jilbab, kerudung atau penutup kepala yang sempurna menutupi kepala, leher. Lengkapi dengan berbagai warna, motif, model agar bisa divariasikan dan dipadupadankan.
  3. Pilih busana yang menyamarkan kekurangan tubuh kamu. Misalnya, untuk tubuh kurus, pilih busana muslim dengan model tumpuk, dan warna yang lebih cerah. Dan untuk kamu yang bertubuh gemuk, sebaiknya memilih busana muslim yang berwarna agak gelap agar tubuh kamu tidak terlalu terlihat gemuk.
  4. Selain busana, hal lainnya yang juga perlu diperhatikan dalam berpenampilan adalah riasan wajah atau make up wajah. Riasan wajah hendaknya disesuaikan dengan jenis busana, warna dan juga nuansanya.

Untuk make up atau riasan wajah wanita berjilbab, pakailah warna yang terlihat natural namun tetap memberi kesan cerah dan berseri pada wajah. Kamu dapat memilih eye shadow yang dikombinasikan dengan warna jilbab atau baju yang dikenakan.

Gunakanlah kosmetik dasar yaitu alas bedak (foundation), bedak, dan eye shadow dengan warna-warna soft (lembut). Sebaiknya hindari warna-warna yang terlalu mencolok atau terlalu gelap. Hiasi mata dengan eyeliner tipis dan netral.

Untuk alis, gunakan warna cokelat yang disapu rata membentuk alis natural. Kenakan juga blush on berwarna natural seperti warna cokelat atau pink muda. Setelah itu, kamu dapat menggunakan lipstick warna natural seperti baby pink, peach atau cokelat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: