Henna, Ornamen Percantik Tubuh

13 Dec

Konon, pasta henna bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana tingkat kebahagiaan di dalam perkawinan nantinya. Di India dan Pakistan, orang-orang percaya jika henna yang dioleskan di tubuh berubah menjadi gelap, ibu mertua bakal menyayangi sang menantu perempuan.

Untuk itu, secara turun-temurun, kebiasaan mengoleskan dan menghiaskan henna di tubuh, dilakukan para perempuan di wilayah Timur Tengah hingga Afrika. Henna menjadi simbol kedewasaan dan pergaulan. Selama ribuan tahun, tradisi ini terus bertahan.
Di Bandung, gerai-gerai lukis tubuh henna bermunculan bak cendawan di musim hujan. Baik di pinggir jalan, apalagi di pusat-pusat perbelanjaan. Pengunjungnya pun dari beragam usia, mulai dari kanak-kanak, remaja, hingga lanjut usia.

“Saya pernah menangani bayi berusia 10 bulan. Ibunya minta digambarkan henna di tangannya. Itulah klien termuda saya,” ujar Dewi haryanti (21), artist (pelukis) henna dari gerai Egypt di Bandung Indah Plaza.
Andri (34), bapak tiga anak asal Semarang, sengaja menyempatkan diri mampir ke gerai henna di Mall Parijs van Java saat berliburan ke Bandung. Kedua puterinya yang masih berus ia sekolah dasar dengan ceria menuruti ajakan ayahnya untuk dilukis henna di bagian tangan.
“Biar anak-anak senang aja. Bentuknya yang bagus-bagus bikin anak tambah ceria,” ucap Andri ketika ditanya alasan memperbolehkan kedua puterinya dilukis henna.

Melintasi waktu dan tempat, lukis tubuh henna kini tidak lagi dimaknai secara konvensional dengan embel-embel tradisi dan simbol-simbol kuno seperti di India, Pakistan, atau Mesir-tempat asal jenis kesenian ini berkembang.
Meskipun, sang pelaku bisnis tetap berupaya membangun suasana tradisional di gerai-gerai henna mereka. Dominasi ornamen desain berwarna merah jambu dan tipografi ala Arab yang kental terlihat di gerai-gerai henna menunjukkan kerasnya upaya ini.

Khusus wanita
Namun, kini henna lebih sebagai fesyen. Ornamen untuk mempercantik tubuh para wanita. Apakah betul hanya wanita? Memang sempat ada beberapa laki-laki yang datang ke tempat kami dengan membawa desain sendiri, tetapi ya kami tolak. Lukis henna ini khusus untuk wanita, ujar Tusiawati (30), Asisten Manajer Egypt di BIP.
Desainnya pun disesuaikan dengan selera wanita. Motif mayoritas berupa bunga, dedaunan dan perpaduannya. Meskipun hanya berupa bunga atau dedaunan, motifnya ini ada ratusan macam. Jika Anda ingin yang tipe klasik dan ragam variasi, cobalah genre ala India. Tingkat kesulitan tipe ini sangat tinggi. Kebanyakan mirip desain tato.
Mayoritas selera konsumen Indonesia adalah yang tipe sederhana ala Dubai. Seringkali itu hanya berupa lukisan berupa gelang, bahkan cincin. Karena ini baru pertama kali ya cari yang simpel aja, ujar Santi Sri Wulan (18), salah satu pemakai jasa lukis tubuh henna.
Namun, baginya, henna bukan sekedar fesyen. Melainkan, juga simbol kebebasan berekspresi. Maklum saja, gadis asal Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, ini baru saja lulus SMA. Di SMA gak berani pakai takut gak dibolehin, ucapnya.
Berbeda dengan tato, lukis henna ini hanya bersifat sementara (temporary ) di tubuh. Untuk yang alamiah, dengan warna umumnya merah dan oranye, daya tahan hanya 3-5 hari. Untuk yang jenis sintesis, yaitu henna hitam, daya tahannya bahkan bisa sampai dua minggu.
Berbahaya
Namun, yang disayangkan, masih sedikit konsumen yang mengetahui, henna hitam yang mengandung senyawa kimia Paraphenylenediamine (Ppd) ini cukup berbahaya, khususnya bagi mereka yang punya alergi. Efeknya bisa mengakibatkan kulit melepuh, bengkak, bahkan mati rasa.
Sebuah konsekuensi yang tentunya sangat tidak sepadan bagi para wanita yang ingin mempercantik dirinya.

Sumber:kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: