Merasa Cantik Tanpa Make Up Tebal? Bisa, Kok!

16 Dec

Sesekali mengenakan make up untuk mendorong kepercayaan diri masih bisa dipahami. Namun, jika Anda harus terus-terusan mengenakan make up tebal ke mana pun Anda pergi hanya karena Anda baru merasa pede jika begitu, wah, repot juga, ya? Ingin merasa cantik tanpa harus merasa ketergantungan dengan riasan wajah yang terbal? Bisa, kok. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

Berdiri dan duduk tegak
Tahukah Anda, otak kita secara konstan mengecek dengan seluruh bagian tubuh kita untuk mengetahui apa yang sedang kita rasakan. Kelly McGonigal, PhD, psikolog kesehatan dari Stanford University mengatakan, “Ketika tubuh dalam keadaan tegak, pesan yang disampaikan kepada otak adalah, ‘saya merasa nyaman dengan diri saya’.” Studi di European Journal of Psychology menemukan bahwa mereka yang duduk tegak di bangku lebih percaya diri mengutarakan isi pikirannya ketimbang mereka yang duduk membungkuk atau bersandar malas. Menjaga pundak tetap tegak dan dada sedikit membusung juga membuat Anda terlihat lebih tinggi, ramping, dan yakin kepada diri sendiri.

Menjadi pengamat, bukan hakim
Saat Anda menatap cermin, tahan diri dari menghakimi apa yang kurang berkenan di hati. “Jika Anda memiliki bekas luka, Anda bisa memutuskan untuk menilainya sebagai sebuah peringatan akan sebuah momen, jangan melihatnya sebagai sebuah kekurangan,” jelas Stacey Tantleff-Dunn, PhD, profesor di University of Central Florida. Terimalah segala kondisi fisik Anda sebagaimana Anda menyukai bagian-bagian tubuh Anda kala masih kecil dulu. Hargai dan terimalah, hindari mengkritik diri sendiri.

Mencari sesuatu pada diri untuk dikagumi
Sebuah studi yang dilakukan di Massachusetts menggunakan teknologi yang menghitung pergerakan mata menemukan bahwa mereka yang tidak bahagia dengan penampilan mereka akan langsung memusatkan pandangannya pada kekurangan mereka begitu menatap cermin. Untuk mengubahnya, mulailah melihat sisi yang Anda banggakan, apa pun itu, Anda pasti memilikinya. Saat mata melihat sesuatu yang Anda senangi, otak pun akan memberi sistem pujian dan rasa bahagia, yang pada ujungnya membuat mood Anda meningkat.

Tersenyum
Tidakkah akan lebih menyenangkan jika kita melihat seseorang yang tersenyum? Sebuah senyuman tak hanya aktivitas pergerakkan otot di sekitar mata dan bibir yang membuat wajah terlihat lebih awet muda, tetapi juga menciptakan efek bahagia. Saat kita tersenyum tulus, oak akan mendapatkan dorongan untuk membuat mood lebih baik dari konstraksi otot tersebut, plus, hal ini akan membuat orang yang Anda berikan senyuman tersenyum kembali kepada Anda.

Bernapas dalam-dalam
Napas pendek hanya akan menambah ketegangan di sekitar wajah, tenggorokkan, bahkan pundak. Sebaliknya, ketika Anda mengambil napas dalam-dalam, Anda akan terlihat dan merasa lebih nyaman dengan tubuh Anda. Jadi, ambillah beberapa detik dalam keseharian Anda untuk menarik napas dalam-dalam.

Katakan “Terima kasih”
Ada saatnya kita ingin terlihat rendah hati saat seseorang memuji kita, sehingga kita berusaha untuk memutarbalikkan pujiannya. Misal, ada yang memuji baju Anda, lalu Anda merendah, “Ah, engga, kok, ini karena cahaya di sini saja yang temaram, jadi kayak kelihatan bagus.” atau kalimat-kalimat merendahkan diri lainnya. Padahal, cukup dengan ucapan “terima kasih” dengan sederhana saat seseorang memuji penampilan Anda akan merasa lebih nyaman. Anda pun juga akan merasa lebih senang karena pujian, kan? Bertukar ungkap positif akan membuat si pemberi ungkap dan Anda lebih sering bertukar ungkap pujan.

Warna-warni
Tak perlu berlebihan dan mengenakan warna terang dari ujung kepala hingga ujung kaki. Cukup gunakan warna-warna terang sedikit, seperti pada scarf atau kalung. Warna terang di sekitar wajah akan memberi kilau terang pada wajah dan meningkatkan mood. Tak yakin mau menggunakan warna apa pada paduan hitam dan abu-abu? Coba warna biru yang dikenal secara universal sebagai warna bahagia dan cocok pada semua orang.

Longgar
Imej tubuh bisa sangat memengaruhi mood seseorang. Dengan menilai diri kurang memuaskan di cermin, Anda bisa merasa risih. Tak hanya dari pandangan, tetapi juga dengan menggunakan pakaian yang kesempitan pun bisa bikin kita mangkel karena tidak muat dan kita merasa seharusnya kita muat dengan ukuran tersebut. Usah gelisah, berikan kelegaan sesekali pada diri Anda dengan mengenakan pakaian yang lebih pantas dan muat lebih nyaman pada tubuh ketimbang memaksa memakai pakaian sempit.

Sumber:female.kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: