Tips Agar Sepatu High Heels / Hak Tinggi Nyaman Di Kaki

28 Dec

Sepatu hak tinggi disukai wanita karena membantu menunjang postur yang indah dan seksi. Meski sebenarnya Anda tentu akan lebih suka memakai sepatu datar, tapi tak ada salahnya mengenakan sepatu berhak tinggi sekali-sekali untuk tampil cantik. Agar tidak menyesal membeli sepatu hak tinggi yang harganya selangit, perhatikan tips berikut;

  • Carilah sepatu yang ukurannya pas dan cukup untuk membiarkan jari Anda bergerak bebas. Meski ini terlihat sepele, tapi cobalah untuk mengingat, berapa banyak sepatu berhak tinggi yang Anda miliki di rumah yang jika dikenakan, terdapat jarak di bagian belakang tumit dengan penutup sepatunya? Jika sepatu terlalu besar, tak jarang Anda akan menumpu seluruh badan di bagian depan jari-jari kaki. Carilah sepatu yang bisa memeluk bagian tumit Anda dengan pas, tidak terlalu sempit, tapi juga tidak kebesaran, sehingga bobot tubuh Anda tetap tersangga di bagian belakang.

  • Bantalan. Tak sedikit produsen sepatu yang kurang memperhatikan masalah ini. Banyak sepatu yang terlihat cantik, tapi ketika dikenakan, akan membuat bola kaki terasa sakit. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba membeli bantalan khusus untuk sepatu yang kini sudah ada banyak di pasaran. Ada pula yang khusus untuk sepatu hak tinggi, bentuknya seperti gel, untuk ditaruh di bagian bola kaki. Fungsinya untuk meredam tumpuan tubuh agar tidak membuat kulit kaki Anda kapalan atau lecet.
  • Hak sepatu yang tebal bisa memberikan Anda kestabilan lebih baik, bahkan membantu mengurangi tekanan karena membantu menyebarkan berat tubuh yang tertopang di bagian tersebut lebih luas. Mengganti hak tinggi sesekali dengan sepatu datar akan membantu mengurangi beban otot tendon achilles pada betis.
  • Perhatikan sudut kemiringan sepatu akibat tinggi hak sepatunya. Untuk sepatu yang tinggi haknya hingga 10 cm bagian yang terlepak di bawah telapak mungkin masih bisa menopang. Tapi, jika lebih dari itu, maka kaki akan terlalu menjinjit, dan ini tidak baik jika Anda harus mengenakan sepatu tersebut dalam waktu terlalu lama.
  • Jika Anda selalu mengeluh adanya rasa sakit di ujung jari-jari kaki saat mengenakan sepatu hak tinggi yang tertutup, mungkin sudah saatnya Anda berinvestasi pada sepatu dengan ujung terbuka untuk mengurangi tekanan pada daerah ujung depan kaki. Kenakan sepatu yang bagian depannya terbuka untuk mengurangi tekanan pada kaki, sekaligus mencegah kuku kaki terjepit, juga kaki kapalan.

Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: