Tips Casual Friday

6 Jan

Setelah hampir setiap hari kerja pada hari Senin sampai Kamis berpakaian resmi, sebagian besar kantor swasta memberikan hari Jumat sebagai hari kasual kepada para karyawannya. Artinya, Anda bisa tampil lebih santai entah itu dengan pakaian yang tidak seformal pada hari biasa. Lalu bagaimana yah menyiasati pakaian yang cenderung lebih santai ini agar kesan profesional di kantor masih tetap terjaga di hari Jumat?

Atasan seperti tunik/vest, blouse, cardigan rajut berkancing tetap cocok jika dipadankan dengan jeans. Overblouse lengan lebar dengan aksen sabuk besar juga bisa menjadi gaya alternatif jika Anda bosan dengan jeans dan kemeja. Untuk pria, biasanya tinggal memakai polo shirt beserta jeans juga sudah cukup, atau memakali T-Shirt dengan aksen kemeja lengan pendek bermotif sebagai luaran juga bisa dapat menimbulkan kesan profesional.

Untuk wanita, pilihan pakaian yang banyak bisa dapat dipilih, dan berikut adalah tips-tipsnya:
* Celana pendek memang membuat santai dan nyaman, tapi jangan sekali-kali memakai celana pendek ke kantor, hal ini akan menjadi office faux pas. Agar tetap bisa trend memakai celana pendek namun sopan, pilih gaya berbusana Anda dengan celana bermuda atau capri. Padankan dengan atasan yang lebih rapih agar seimbang.
* Lupakan high heels shoes yang biasa Anda pakai. Tampillah dengan gaya berbeda dengan flat shoes, wedges, espadrilles. Selain nyaman sepatu macam ini dapat mengistirahatkan kaki selama hari kerja.

Jangan lupakan asesoris. Jika Senin sampai Kamis, Anda terbiasa dengan kalung atau hanya jam tangan sebagai asesoris, untuk Jumat, pakailah kebebasan Anda untuk lebih memaksimalkan aksesoris. Contoh: Gelang bangle, kalung berbandul, anting-anting etnik untuk menambah keceriaan hari Jumat.

Yang harus dihindari:
* Hindari celana yang terlalu ketat, kaos, tank top atau atasan yang terlalu tipis dan terbuka. Seperti atasan dengan tali spaghetti dan garis leher yang terlalu rendah.
* Hindari juga busana yang terlalu banyak logo atau blink-blink. Kalaupun Anda ingin memakai atasan tanpa lengan, Anda bisa kombinasikan dengan jaket atau kardigan. Ingat bahwa Anda masih kerja di kantor bukan lagi duduk di bangku universitas seperti mahasiswa-mahasiswi.

Alternatif lain yang biasa dipilih oleh kantor kebanyakan adalah dengan memakai batik. Batik yang merupakan salah satu kesenian tradisional Indonesia ini tetap harus dipertahankan. Saat ini, batik dapat didapatkan dan dibeli di mana saja dengan harga yang variatif dengan model dan warna yang bermacam-macam untuk dipilih. Padukan dengan celana jeans jika ingin tampil santai, atau tetap dengan bawahan dari bahan untuk lebih profesional.

Sumber: Conectique.com

3 Responses to “Tips Casual Friday”

  1. daniel January 12, 2011 at 3:23 am #

    ide yang menarik, tapi harus disesuaikan dengan lingkungan sekitar….

  2. blessingcornerjeans.com February 25, 2011 at 8:57 am #

    tips casual di hari jumat yang bermanfaat..
    thx untuk saran2nya.. salam sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: