Eco-Fashion: Anda bisa melakukannya juga!

17 Jan

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjalankan eco-fashion dalam kehidupan sehari – hari:

BEBASKAN KREATIVITAS ANDA DENGAN DAUR ULANG
Usahakan untuk mendayagunakan setiap produk fashion anda lebih dari satu kali. Misalnya, setelah anda bosan dengan celana jeans anda, mungkin bisa mencoba membuat tas dari celana jeans tersebut?

KOSONGKAN ISI LEMARI PAKAIAN ANDA
Tidak berarti kosongkan semua, hanya keluarkan produk – produk yang tidak pernah atau tidak akan pernah anda gunakan lagi. Berikan pada orang lain agar lebih berguna, atau buat garage sale, maupun bazaar sehingga pakaian – pakaian yang ada bisa lebih berguna sesuai fungsinya, dan mungkin bisa memiliki daya guna lebih dari satu kali.

MENGGUNAKAN PRODUK VINTAGE ATAU SECOND HAND
Tidak ada yang salah dengan membeli ataupun mengenakan produk vintage dan second hand. Selain lebih unik dan tidak pasaran, juga amat sangat membantu dalam pelaksanaan eco-fashion.

SUPPORT DAN GUNAKAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN
Selop kayu, kelom, tas rotan, tas batik daur ulang, kalung dan gelang kerang ataupun batu, dan lainnya merupakan beberapa produk fashion yang bisa menjadi pilihan anda. Selain jauh lebih ramah lingkungan, anda juga membantu produk lokal dan perekonomian negara secara lebih signifikan.

PILIH BRAND YANG MEMILIKI CORPORATE ETHIC RAMAH LINGKUNGAN
Kini sudah banyak brand – brand besar maupun designer brand yang memiliki fokus atau departemen yang mengurus etika perusahaan yang mengusung proses pembuatan dan penyediaan produk – produk ramah lingkungan. Levi’s, American Apparel, Next, Stella Mc. Cartney, adalah beberapa contohnya.

UTAMAKAN ETHICAL FASHION
Saat anda membeli produk – produk utamakan memilih untuk membeli dari perusahaan – perusahaan yang mengusung tinggi nilai – nilai ethical fashion. Misalnya : tidak menggunakan bulu binatang, tidak mempekerjakan anak – anak di bawah umur, mendukung fair trade, menghindari percobaan atas binatang, mengutamakan lingkungan dalam proses pembuatan produk dan pembuangan limbah, dan lainnya.

GUNAKAN SEGALA YANG NATURAL
Selain lebih baik dan lebih sehat untuk anda, sebagaimana yang kita tahu, produk – produk yang mengutamakan kealamian biasanya mengutamakan bahan baku yang segar dan berkualitas. Untuk mendapatkan bahan baku berkualitas, pada umumnya perusahaan harus bekerja sama dengan penyedia bahan yang kebanyakan adalah para petani, pemilik kebun, dll. Karenanya, pada umumnya perusahaan – perusahaan ini memiliki fokus akan lingkungan dan ethical fashion yang lebih tinggi.

TIDAK MENGENAKAN BULU BINATANG
Sudah banyak bulu sintetis yang menyerupai bulu binatang asli, jadi tidak penting untuk mengenakan bulu binatang yang sesungguhnya. Binatang juga makhluk hidup yang berperan serta dalam ekosistem dan keseimbangan lingkungan hidup.

Demikian beberapa tips yang mungkin bisa digunakan. Ada masukan lainnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: