Berpakaian untuk Interview

20 Jan

Ketika interview, Anda dituntut untuk tampil sangat baik dalam segala hal, baik dalam hal bersikap, berpikir maupun penampilan. Keadaan seperti itu dapat Anda jadikan sarana ‘menjual diri’ Anda kepada perusahaan secara langsung. Untuk itu anda harus dapat memberikan kesan sempurna pada para pewawancara. Berikut ini tips untuk dapat menarik hati pewawancara melalui gaya busana Anda:

Tips untuk pria:

1. Gunakan kemeja berwana putih atau biru, netral lebih baik, polos dan berlengan panjang. Baju dimasukan, rapi dan tidak lecek. Kemeja dengan kombinasi pola bergaris juga disarankan. Lengan jangan dilipat, hindarkan menggunakan kemeja menggunakan corak yang terang dan mencolok

2. Gunakan dasi polos atau bermotif garis atau kotak-kotak, sesuaikan pula dengan warna baju dan celana, terikat rapi, tidak longgar dan panjangnya sedikit melewati ikat pinggang.

3. Rambut rapi, berwarna hitam, tidak dicat, panjang rambut belakang tidak melebihi kerah, dan panjang poni tidak menutupi mata. Bila rambut Anda susah diatur gel atau foam untuk memebrikan kesan wet look dapat menciptakan wajah yang segar.

4. Gunakan celana berwarna gelap seperti hitam, abu-abu, coklat. Rapi, ukurannya pas dan warna celana diusahakan lebih gelap dari pakaian. Hitam adalah warna yang sangat aman untuk kasus ini.

5. Menggunakan ikat pinggang polos, berwana gelap dan berbahan kulit atau setara kulit.

6. Sepatu fantofel bermodel klasik berwarna hitam, telah disemir dan bersih, dan menggunakan kaus kaki berwana hitam. Kesan profesional akan timbul dalam diri Anda ditambah akan terlihat gagah dan tinggi.

7. Wajah tercukur bersih, tidak berminyak, tak seperti wanita yang harus berdandan, tetapi kertas minyak saja sudah cukup, tidak berjambang, dan jangan makan permen karet saat wawancara karena menunjukkan ketidaksopanan.

8. Hindari menggunakan Parfum berlebihan karena dapat menganggu penciuman orang-orang di sekitar Anda. Tidak memiliki bau badan, dan bau mulut. Tidak menggunakan anting-anting.

9. Hindari penggunaan cincin selain cincin perkawinan. Kuku-kuku tangan bersih dan pendek untuk kebersihan.

10. Bila ingin membawa tas untuk dokumen, portfolio, atau ijazah Anda, gunakan tas yang simpel dan modle tas dengan desain konservatif. Tentu saja tas tersebut tidak lecek dan butut.

Tips untuk wanita:

1. Kenakan blazer atau semi jaket untuk menghadirkan kesan profesional secara cepat. Busana ini juga mampu memberikan kesan pertama yang menakjubkan sehingga pihak perusahaan yang menginterview akan melihat Anda sebagai pribadi penuh percaya diri dan mampu memimpin. DItambah Anda akan terlihat profesional dengan memakai blazer atau semi jaket.

2. Bila memilih mengenakan rok atau busana terusan, pastikan pendek busana itu tidak lebih dari 2 inchi di atas lutut. Pas dengan lutut atau 2 inchi dari bawah lutut disarankan.

3. Bila Anda diinterview pada perusahaan yang sedikit konservatif, selalu kenakan stocking dibalik rok Anda. Pilihlah stocking dengan warna netral atau yang mendekati warna kulit. Atau bisa juga memilih warna hitam asalkan tidak kontras dengan warna sepatu atau rok yang Anda kenakan.

4. Tata rambut Anda serapih mungkin. Pilih potongan rambut dan warna cat rambut (jika Anda hobi mewarnai rambut) yang menampilkan kesan profesional.

5. Jangan lupa untuk membawa tas untuk menyimpan segala keperluan yang berkaitan dengan interview. Anda bisa memilih tas dari bahan kulit agar terkesan profesional. Sebaiknya jangan menggunakan tas dengan kualitas kurang baik, perhiasan yang terbuat dari plastik dan sepatu bertumit rendah, karena ini dapat menutupi penampilan terbaik Anda.

6. Untuk sepatu, hindari mengenakan sepatu sandal atau sepatu teplek karena sudah pasti tidak memberi kesan profesional. Sebagai pilihan kenakan sepatu yang terkesan konfesional seperti mary jane shoes, slingbacks shoes atau open toe pumps. Memang sebenarnya sepatu yang berhak sangat disarankan.

7. Busana yang terkesan santai, sporty, ataupun busana pesta tidak pantas dikenakan saat interview ataupun untuk lingkungan bisnis. Karena itu hindari mengenakan busana tersebut tanpa terkecuali.

8. Hindari mengenakan tank top, rok mini, atau pakaian yang terlalu terbuka di saat interview di perusahaan manapun, karena busana tersebut terlihat kurang sopan dan penampilan Anda akan langsung dinilai buruk.

9. Jangan pernah mengenakan busana yang kusut, sepatu yang tampak lecet, make up yang terlalu tebal, cat kuku yang mencolok, memakai banyak perhiasan atau apapun yang membuat penampilan Anda terlihat tidak rapi pada saat interview.

Apapun yang Anda pakai perlu aksen yang menunjukkan fakta bahwa Anda adalah seorang profesional yang siap bekerja pada pekerjaan baru. Biarkan akal sehat memandu Anda, dan harusnya mudah untuk menghindari pakaian yang keliru yang bisa merusak kesempatan Anda mencapai tingkatan yang berikutnya di dalam proses wawancara itu. Di pasar ini, yang terpenting adalah Anda tampil baik dan penampilan Anda cocok untuk pekerjaan itu.

Sebelum wawancara pun ada baiknya Anda mencari tahu perusahaan seperti apa yang Anda akan datangi karena ada juga perusahaan yang sangat konservatif yang selalu harus berpakaian formal setiap saat, tetapi ada juga perusahaan yang menerapkan sistem semi formal di kantornya. Semua ini tergantung juga dari perusahaan dan cara berpakaian yang cocok ketika interview.

(Dari berbagai sumber: conectique.com, tipsanda.com, klikkarir.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: