Indahnya Sutera, From Beast to Beauty

14 Feb

Kain sutera, nyaman saat dikenakan ramah lingkungan dan cukup mahal. Si cantik ini menjadi bahan yang diunggulkan di dunia industri fashion. Jika berbicara soal sutera, tentu yang terbayang di benak adalah hal yang indah-indah, padahal sutera ini merupakan jalinan kepompong ulat lho.

Terbuat dari serat protein alami yang dipintal menjadi benang, kemudian ditenun menjadi tekstil. Bahan sutera ini, umumnya terbuat dari kepompong ulat sutera pemakan daun murbei. 

Sutera lahir dan berkembang di China dan Jepang. Pada awalnya hanya di sanalah pohon murbei ini tumbuh. Entah dari mana ide ini bermula. Konon, menurut cerita ide ini berawal dari seorang petani yang tak sengaja mengamati kepompong. Ia melihat ada serat-serat halus yang membentuk kepompong tersebut, kemudian diurainya serat itu hingga menjadi sebuah benang.Demikianlah proses sederhana itu dikembangkan. Awalnya kepompong dikumpulkan di sebuah tempat. Air dididihkan, dan kepompong mulai dimasukkan. Tak berapa lama, keluarlah serat-serat dari kepompong, yang kemudian dipilin dan digulung dengan bantuan alat hingga membentuk sebuah gulungan benang panjang. Benang itulah yang diwarna dan dipintal menjadi kain sutera nan lembut dan nyaman.

2000 SM, sutera mulai diperdagangkan keluar dari Asia, ke barat dan sekitar Eropa. Perlahan sutera menjadi sangat populer hingga jalur perdagangannya disebut jalur sutera. Sekalipun merupakan barang mahal, namun tak mencegah perkembangan sutera. Banyak orang mengagumi indahnya sutera. Selain lembut, ia juga mengkilap, nyaman, dan memberikan kesan dingin di musim panas.

Siapa sangka kepompong ulat yang bikin geli itu menjadi barang mahal dan dicari orang? From beast to beauty, there is silk to be, thank’s to the nature. (wo/bee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: