Inilah 10 Penyebab Anda Kelihatan Lebih Tua

8 Mar

Tanpa sadar, hal-hal yang kita anggap sepele, seperti membiarkan rambut terlihat kering, bisa membuat penampilan kita terlihat lebih tua dari aslinya. Apa saja yang bisa membuat penampilan kita jauh dari muda dan cantik senantiasa?

“Eyeshadow shimmer”
Kelap-kelip shimmer pada eyeshadow sempat disukai. Namun, Polly Blitzer, Editor-in-ChiefBeautyblitz.com, mengatakan, karena kelip shimmer bentuknya kecil-kecil, ia bisa menelisip dan masuk ke lengkung-lengkung kerut mata dan makin memperjelas kerutan. Jadi, disarankan untuk Anda yang sudah mulai beranjak matang, pilih eyeshadow bubuk mattesaja. Warnanya terang, tetapi tidak memiliki efek tak cantiknya itu.

Alkohol
Meminum alkohol bisa menyebabkan dehidrasi serta pelebaran pembuluh darah. Hal itu bisa menyebabkan kulit terlihat lelah dan tidak sehat. Jika memang meminum alkohol tidak bisa dihindari, disarankan meminum segelas air untuk setiap gelas alkohol yang Anda minum. Ini penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Rambut terlalu panjang dan lepek
Salah satu kesalahan saat memotong rambut adalah membiarkannya masih dalam keadaan panjang sehingga terlalu tebal di sisi wajah dan membuat bagian atas kepala lepek. Hal ini akan menyebabkan wajah makin terlihat turun dan sendu. Disarankan mencari potongan yang bersudut untuk mengangkat bagian tulang pipi dan layer guna memberikan volume pada rambut.

Warna perunggu di bagian mata
Mengaplikasikan bronzer terlalu dekat dengan area mata bisa menciptakan warna kehitaman di daerah mata. Hal ini menyebabkan tampilan yang kusam dan membuat wanita terlihat lebih tua. Jika mau menggunakan bronzer, gunakan di bagian terluar wajah, seperti sisi wajah, untuk menciptakan kesan wajah lebih segar dan kompleksi bersinar.

Tidak merapikan “foundation” dengan spons
Jangan mengira Anda bisa menutupi keriput dengan menumpuk foundation. Make-up yang berlebihan justru bisa membuat penampilan terlihat sebaliknya. Setelah mengaplikasikan foundation, ciptakan tampilan lebih sempurna dengan menekan-nekan wajah menggunakan spons agak basah. Fungsinya untuk menyatukan foundation pada bagian ceruk kerutan.

Stres
Stres menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon adrenalin untuk meningkatkan indra. Untuk sementara saja hal ini bisa menyehatkan, tetapi jika Anda terus-terusan menghadapi masalah ini, stres bisa berdampak buruk pada kulit Anda. Saat tubuh berada dalam mode bertahan, organ-organ vital, seperti jantung, paru-paru, dan otak, bekerja lebih keras. Kulit, organ yang tak terlalu vital, menjadi kekurangan nutrisi, yang pada akhirnya berdampak pada penampilannya. Lawan stres dengan melakukan teknik relaksasi, seperti yoga, meditasi, dan napas dalam.

Rambut sangat kering
Rambut yang terlalu banyak diproses, seperti pewarnaan, lama-kelamaan akan membuat rambut terlihat seperti gosong, sangat kering, tidak alami, serta menua karena sangat tidak sehat. Rambut yang muda adalah rambut yang berkilau dan “hidup”. Untuk menghindari rambut terlihat kering, jangan terlalu sering mewarnai rambut Anda lebih dari sekali dalam empat minggu. Jika rambut Anda diwarnai, gunakan conditioner dan potong rambut secara rutin.

Warna lipstik gelap
Jika Anda memiliki ceruk-ceruk kerut vertikal pada bibir, lipstik berwarna gelap akanlangsung mengisi ceruk tersebut dalam sekejap. Akan tetapi, jika Anda mengenakan lipstiksenada warna bibir, seperti merah muda atau beige, ceruk halus itu tak akan terlalu kentara. Lapisi dengan gloss berwarna bening untuk menarik perhatian pada bibir Anda serta memberikan kesan bibir lebih penuh, merekah, kenyal, dan muda.

Jarang ubah gaya rambut
Agar penampilan Anda selalu terlihat muda dan trendi, disarankan untuk mengganti gaya potongan rambut Anda setidaknya setahun sekali. Jika tidak diubah, penampilan Anda akanterlihat membosankan dan “tua”. Masalahnya, saat wajah Anda memperlihatkan perubahan, dan rambut Anda tetap seperti itu, akan sangat mudah melihat perubahan pada wajah. Potongan rambut bob, shaggy, pixie, dan rambut panjang bisa dimodel sedemikian rupa agar terlihat tetap menarik.

Alis mata yang dicabut berlebihan
Mencabut alis mata berlebihan bisa menyebabkan akar dari masing-masing rambut alis itu melemah hingga akhirnya tidak tumbuh lagi. Hal ini akan menyebabkan kelopak mata terlihat lebih berat. Agar terlihat muda, alis mata seharusnya mengikuti bentuk mata dan tidak terlalu tipis.

Sumber: msn, Editor: Nadia Felicia, kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: