Inilah Riasan Tepat untuk Gala Dinner

9 Mar

Memilih riasan dan busana yang tepat untuk menghadiri jamuan makan, adalah salah satu bagian dari etiket di meja makan. Namun table manner juga membahas bagaimana Anda mampu menempatkan diri, membawa imej diri melalui pakaian dan riasan.

Aeres Mesty Sofida, Independent Beauty Consultant, mengatakan bahwa undangan gala dinner atau jamuan resmi membutuhkan persiapan penampilan yang layak dan tepat tanpa berlebihan.

“Tak perlu berlebihan, kuncinya proporsional dan memiliki kesan alami, baik dalam busana maupun riasan, termasuk tata rambut. Untuk tata rambut cukup dengan sanggul cepol yang dibubuhkan hiasan bunga,” jelasnya dalam kelas Table Manner yang diadakan oleh Share Positive Minds di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Berikut saran Sofi, panggilan akrab ibu dua puteri ini, untuk berbusana dan mengaplikasikan riasan yang tepat pada jamuan makan:

Riasan sesuai kulit
Foundation:

  1. Untuk kulit gelap, pilihlah warna foundation coklat terang dan blush on merah muda atau gold pada kedua pipi Anda. Selain warna kulit Anda lebih terangkat dan cerah, Anda akan mendapat kesan lebih matang dan feminin.
  2. Untuk kulit kering, gunakan foundation cair. Namun untuk aplikasinya, gunakan setengah sampai satu tone di atas warna kulit.

* Untuk kulit berminyak atau kombinasi, sebaiknya hindari foundation powder. Gunakan foundation cair agar pemakaian lebih efektif. Sebab foundation cair lebih rapat dan dapat membuat minyak pada wajah Anda terestriksi atau berkurang.

Perona wajah
Bagi Anda yang berkulit gelap, perona wajah membutuhkan perhatian khusus. Begitupun dengan riasan mata dan bibir. Aplikasikan perona wajah senada dengan warna kulit, pilih warna nude atau peach. Untuk blush on pilih warna coklat yang satu tone di atas warna blush on.

Sementara riasan mata dan bibir untuk kulit gelap, sebaiknya pilih eyeshadow warna kuning keemasan (gold) atau coklat copper. Untuk lipstik, pulas warna coklat keemasan.

Nah, penampilan Anda yang sudah memerhatikan etiket jamuan makan ini, juga harus diimbangi pasangan. Jangan biarkan pasangan tampil pucat.

“Oleskan tipis foundation untuk menampilkan kesan lebih muda. Aplikasikan sedikit bedak tabur, untuk menghilangkan kesan kusam berminyak,” kata Sofi.

Busana
Gaun malam dan tuxedo adalah busana untuk Anda dan pasangan yang layak dipilih untuk gala dinner. Atau, kebaya berpasangan dengan batik sarimbit juga masih pantas menjadi pilihan busana.

Nah, untuk undangan jamuan makan di rumah, pilih saja busana simpel atau kasual. Pilihan busana paling aman adalah batik dengan ragam pilihan model yang gaya.

sumber: WAFE, kompas.com, ditor: Dini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: