Percaya Diri Memakai Kawat Gigi

28 Mar

Kawat gigi memang sudah bukan barang asing lagi, saat ini kawat gigi pun mulai menjadi kebutuhan bagi orang-orang yang posisi rahang maupun susunan giginya kurang baik. Karnea kawat gigi inilah penampilan gigi menjadi rata dan menjadi lebih menarik terutama bagi mereka yang mempunyai bentuk rahang dan susunan gigi yang kurang bagus.

Sayangnya, banyak pemakai kawat gigi yang merasa tidak pede (percaya diri). Mereka enggan, atau malu, tertawa dan membuka mulut karena takut kawat giginya terlihat oleh orang lain. Tips di bawah ini adalah, tips untuk menumbuhkan ras apercaya diri kepada mereka yang merasa malu dan tidak pede memakai kawat gigi:1. Buang anggapan bahwa memakai kawat gigi itu memalukan. Yang memalukan kalau ada sesuatu yang menempel di sela-sela kawat giga, misalnya sisa makanan maupun plak yang tidak dibersihkan. Karena itu, jangan pernah malas untuk selalu menyikat atau membersihkan gigi setelah makan. Ada sikat gigi juga khusus bagi pengguna kawat gigi, serta sikat gigi interdental yang digunakan untuk membersihkan daerah di sela-sela gigi.

2. Walau tak ada pantangan, sebaiknya hindari makanan yang manis, lengket, dan bersoda. Sebab, jenis makanan tersebut lebih sulit dibersihkan. Makanan padat dan keras, seperti apel, sebaiknya dipotong kecil-kecil supaya braket tidak lepas.

3. Pemakaian kawat gigi dapat menimbulkan luka akibat gesekan yang terus menerus, luka atau sariawan ini akan menghilang secara perlahan, konsumsilah vitamin C secara tepat agar mempercepat proses pemulihan.

4. Jangan coba-coba melepas atau memasang kawat gigi yang sudah dipasang tanpa seizin dokter gigi. Kalau ada sesuatu hal yang mengganggu, segera hubungi dokter gigi Anda. Lebih baik diserahkan kepada ahlinya langsung.

5. Saat bercermin, temukan gaya senyum terbaik yang Anda punya. Dengan begitu, Anda akan merasa percaya diri ketika sedang berfoto bersama teman-teman dan dapat menemukan angle yang cocok.

6. Percayalah, kawat gigi ini hanya dipakai untuk sementara waktu saja bukan selamanya sehingga dapat dinikmati dan dibawa fun selama pemakaian kawat gigi ini.

7. Jangan terlalu fokus memikirkan kawat gigi Anda. Masih banyak sisi diri yang dapat ditonjolkan, seperti rambut yang terawat, kulit yang sehat ataupun kecerdasan yang Anda dapatkan dari makanan sehat yang selama ini dikonsumsi.

8. Pancarkan keceriaan Anda dengan mengganti karet kawat gigi berwarna-warni dan bentuk lucu. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera Anda, selain tidak akan merasa bosan dengan kawat kawat gigi yang itu-itu saja, karet kawat gigi yang warna-warni dapat membantu menumbuhkan rasa percaya diri juga. Jika tidak ingin terlalu mencolok, warna karet putih atau bening bisa menjadi pilihan.

Apabila ada orang yang berkomentar buruk terhadap penampilan Anda, maka pikirkan pujian dan kekaguman yang mereka berikan ketika kawat gigi Anda dilepas dan memperlihatkan susunan gigi yang sudah baik dan cantik.

Motivasi ini pula yang harus ditanamkan ketika Anda malas untuk kontrol. Kontrol yang rutin membuat Anda makin cepat terbebas dan terlepas dari kawat gigi. Hal ini wajar, karena ada benda asing di dalam mulut. Seminggu kemudian, pengguna pasti akan terbiasa dengan hal ini.

Ada juga pasien yang mengeluhkan datangnya sariawan apabila ada kawat gigi yang mencuat keluar. Jangan panik. Dalam kondisi darurat, problem tersebut dapat diatasi dengan melekatkan wax, atau malam khusus untuk kawat gigi di bagian yang menusuk. Untuk tindakan selanjutnya, minta dokter gigi Anda untuk mengatasinya.

Yang tak kalah penting, Anda tak perlu terus-menerus memikirkan kawat gigi yang terpasang. Saat ini gigi Anda memang belum rapi, tetapi perubahan pasti akan terjadi.

Ada berbagai manfaat dengan membuat kawat gigi tampil cantik dan menarik. Diantaranya dapat menambah rasa percaya diri dan meningkatkan motivasi untuk memakai kawat gigi khususnya bagi anak kecil ataupun remaja. Apa saja yang dapat dilakukan untuk mempercantik kawat gigi? Seperti yang sudah disebutkan di nomor 8 bahwa dapat memakai kawat gigi warna-warni, berikut berbagai macam akesories pembantu penampilan kawat gigi yang dapat dipakai bersamaan dengan kawat gigi Anda.

1. Plat Kawat Gigi Lepasan

Walaupun plat akrilik ini tidak terlihat dari luar, dengan membuatnya tampil menarik akan membuat pasien anak-anak lebih termotivasi untuk memakainya. Plat akrilik dapat dibuat dengan berbagai warna yang menarik, ditambahkan berbagai motif, gambar, atau sekedar glitter-glitter untuk membuatnya berkilauan.

2. Karet Bracket Kawat Gigi Cekat
Kawat gigi cekat dapat dibuat tampil menarik dengan menggunakan karet bracket yang berwarna-warni. Selain tersedia dalam berbagai pilihan warna, karet bracket juga tersedia dalam berbagai bentuk.

3. Bracket Kawat Gigi Cekat
Bracket dari kawat gigi cekat tersedia dalam berbagai bentuk yang menarik, misalnya bentuk hati, bintang, bunga, dan lain sebagainya. Ada juga berbagai aksesoris berupa huruf ataupun gambar-gambar lucu yang dapat dipasangkan ke bracket. Hanya saja perlu diperhatikan, aksesoris-aksesoris ini mungkin dapat mempermudah melekatnya plak dan sisa makanan. Konsultasikanlah dengan dokter gigi Anda bagaimana cara menjaga kebersihannya agar gigi dan mulut tetap sehat.

Bagi Anda yang ingin agar keindahan senyum Anda tidak terganggu oleh adanya bracket di gigi-gigi Anda, bracket kawat gigi juga dapat dibuat dari keramik yang berwarna putih ataupun transparan.

gigisehatbadansehat.blogspot.com
suaramerdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: