Cantik Semasa Hamil

14 Apr

Hamil bukan alasan untuk mengabaikan berbagai perawatan kecantikan. Asal produknya tepat, Anda bisa kok terus merawat diri dengan aman! Ini panduannya:

Rambut sehat dan indah
Perhatikan formula di dalam sampo yang biasa Anda gunakan. Para peneliti menemukan, banyak produk sampo yang mengandung Methylisothiazolinone (MIT), yang diperkirakan memberi dampak kurang baik bagi perkembangan saraf janin. Hasil penelitian ini masih ramai diperdebatkan di kalangan ilmuwan, sebab sebagian di antaranya menganggap kadar MIT dalam sampo sangat kecil sehingga tidak akan mengganggu pertumbuhan sistem saraf janin. Jika Anda ingin lebih aman dan ‘nyaman’, pilih sampo yang formulanya lembut dan aman untuk kulit sensitif.
Hal lain yang jadi pertimbangan dalam memilih kosmetik rambut adalah adanya kandungan bernama phthalates ? banyak terdapat pada produk styling rambut. Menurut para peneliti yang tergabung dalam Enviromental Working Group (EWG), kandungan ini dianggap sebagai salah satu pemicu terjadinya gangguan perkembangan janin. Meski banyak pihak menyatakan bahwa hasil penelitian tersebut belum 100% akurat, tak ada salahnya memilih produk styling rambut yang tidak mengandung phthalates.

Kulit bersih bercahaya
Beberapa mama mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan, sehingga timbul jerawat pada kulit wajah. Masalah ini bisa dikurangi atau dicegah dengan menggunakan obat jerawat atau produk perawatan khusus yang aman bagi Anda dan janin. Pilih obat jenis topikal yang tidak mengandung Tretinoins; seperti Retin-A, Renova, dan Retinol. Hindari obat jerawat yang mengandung Accutane, karena diyakini bisa memicu terjadinya keguguran atau gangguan kelahiran bayi.

Menurut para ahli, cara yang cukup aman untuk mengatasi/mengurangi masalah jerawat adalah dengan menggunakan produk perawatan topikal yang mengandung benzoyl peroxide atau azelaic acid. Anda juga bisa memakai produk perawatan yang tidak mengandung minyak (sehingga tidak memicu timbulnya jerawat baru).

Kulit tubuh mulus dan lembut
Cara termudah mempertahankan kelembaban kulit agar terhindar dari masalah stretchmarks (peregangan kulit) adalah sesering mungkin mengulaskan pelembab yang kaya vitamin E. Sayangnya, langkah tersebut terkadang tidak sanggup mempertahankan elstisitas kulit secara optimal terhadap perubahan fisik yang drastis.

Menurut para peneliti, cara paling mudah, aman, dan efektif untuk menghindari stretchmarks adalah mengulaskan minyak zaitun murni pada kulit perut secara merata sehabis mandi atau sesering mungkin saat kulit terasa kering. Selain aman bagi kulit tubuh, minyak zaitun yang kaya vitamin E ini tidak berdampak negatif pada pertumbuhan janin. Anda juga sebaiknya melakukan perawatan scrubbing secara teratur. Pilih produk yang butirannya lembut ? sehingga tidak menyebabkan iritasi kulit.

http://www.parenting.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: