Tips Memilih Motif Batik yang Tepat

18 Apr

Memilih bahan kain batik, corak/motif batik untuk baju pesta bukanlah perkara mudah. Pemilihan baju batik yang tepat akan membuat Anda tampil jauh lebih cantik dan Anggun di tempat pesta.
Berikut saya sajikan tips memilih baju batik untuk pesta.
1. Pilih Bahan Kain Batik
Pilih baju batik yang terbuat dari katun atau sutera (sutra satin, raw silk, crepe silk).
2. Pilih Berdasarkan Siluet Tubuh
Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih baju pesta adalah siluet/bentuk tubuh. Gunakan prinsip ‘menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan’. Misalnya untuk siluet tubuh besar, dapat ditutupi dengan warna-warna gelap, motif yang kecil, jarang atau sama sekali polos. Sebaliknya untuk yang bertubuh kurus gunakan warna cerah dan tentunya motip yang variatif tergantung selera anda, tapi hindari motif vertikal karena akan membuat siluet anda semakin memanjang. Buatlah busana untuk pesta (resmi maupun tidak resmi) bermotif batik yang siluetnya simpel namun berdetail cantik dan unik, seperti ikatan pita atau memainkan pola-pola draperi.
3. Pilih Berdasarkan Tempat dan Tema Acara.
Tempat dimana pesta diselenggarakan dan tema juga perlu diperhatikan. Gaun siluet H-line sepanjang lutut dan Gaun 3/4 akan membuat Anda jauh lebih cantik menghadiri pesta di pantai. Jangan lupa perhatikan kartu undangan, karena kemungkinan ada dress code yang tercantum disana. Hal ini untuk mencegah anda salah dalam memilih gaun. Jika Anda ingin membuat Baju Pesta Batik, Anda bisa menggunakan berbagai jenis motif dan paduan warna. Yang penting, pilihlah warna serta motif batik yang sesuai dengan jenis acara yang akan Anda hadiri (suasana pesta).
4. Pilih Berdasarkan Warna Kulit.
Warna kulit anda juga berpengaruh dalam mendapatkan gaun yang cocok. Umumnya warna kulit diklasifikasi menjadi 2 kelompok utama. Tipe kulit pucat dan tipe gelap. Jika anda termasuk tipe kulit pucat, anda beruntung karena dapat mengenakan gaun hampir dengan segala warna, sedangkan jika anda termasuk tipe yang cenderung gelap, Jangan bingung…Cobalah warna warna seperti gold, gading, peach, orange atau coklat dengan tingkatan warna yang lebih lembut.
5. Pilih Motif Batik yang Tepat
Untuk acara pesta yang beratmosfer santai atau semiresmi, Anda bisa memilih batik bermotif fauna dan flora dalam paduan warna cerah ataupun terang. Untuk acara pesta yang resmi, batik bermotif geometris berukuran sedang atau motif-motif klasik, dalam sentuhan warna terang atau gelap yang terkesan mewah bisa menjadi pilihan yang tepat.
Semoga kelima tips batik tersebut dapat membantu Anda keluar dari kebingungan dalam memilih baju batik untuk keperluan pesta. And… Have a nice party…
tamanbatik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: