Lima “Dosa” Kecantikan

28 Apr

Anda pasti berharap mendapatkan kulit yang bersinar, mulus, dan cantik dengan melakukan perawatan khusus. Namun, banyak yang membuat kesalahan perawatan yang sebenarnya baik untuk kulit.
Ketahui lima “dosa” kecantikan yang dilansir dari Shine, agar Anda bisa menghindarinya.

1. Tidak menggunakan tabir surya setiap hari
Ini adalah kesalahan terbesar dari banyak wanita. Karena itu, mulailah rajin menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Gunakan krim wajah yang mengandung sun protection formula (SPF) dengan perlindungan UVA dan UVB setiap hari. Gunakan setiap hari karena sinar UVB yang kuat hanya ada di musim panas, sedangkan sinar UVA memiliki jumlah yang sama sepanjang tahun.

Walaupun, Anda keluar rumah ketika hujan, kulit Anda tetap mendapatkan serangan sinar UVA dari matahari. Lalu, jangan hanya menggunakan riasan yang mengandung SPF, Anda juga memerlukan pelembab dengan SPF.

2. Senang memecahkan jerawat
Semua orang pernah melakukan hal ini dan sangat sulit untuk tidak melakukannya. Namun, kebiasaan tersebut tidak memberikan manfaat, justru membuat kulit menjadi semakin rusak. Menggunakan air hangat untuk memicu jerawat untuk keluar pun hanya akan membuatnya semakin iritasi.

Jika Anda memiliki jerawat yang sudah sangat mengganggu, segera konsultasikan ke dokter kulit. “Gunakan air dingin atau es batu untuk menyempitkan pembuluh darah dan membantu mengeringkan luka akibat jerawat,” dr. Jeannette Graf, ahli kulit.

3. Mencuci muka berlebihan
Mencuci muka terlalu sering dilakukan biasanya karena tidak ingin wajah terlihat berminyak dan berjerawat. Hal ini justru seperti bumerang, karena membuat jerawat semakin iritasi. Kulit bisa kemerahan dan kering sehingga produksi minyak berlebih dan pori-pori semakin tersumbat.

Gunakan produk pembersih wajah khusus kulit berminyak. Hentikan penggunaan produk-produk yang sangat keras untuk kulit. Mungkin ada baiknya Anda melakukan perawatan seminggu sekali.

4. Memperlakukan keseluruhan kulit sebagai kulit bermasalah
Tidak semua area kulit pada wajah Anda bermasalah. Contohnya, zona T, dahi dan hidung, sangat berminyak tetapi area lainnya normal atau bahkan kering. Karenanya, Anda tidak perlu mengaplikasikan produk kecantikan untuk kulit berminyak pada seluruh kulit wajah.
Aplikasikan hanya pada area yang berminyak. Jika Anda memperlakukan seluruh wajah dengan produk yang sama, makin banyak pori-pori tersumbat dan jerawat pun bermunculan. Karenanya, kenali jenis kulit dan rawat dengan produk yang sesuai.

5. Hanya melindungi wajah dari sinar matahari
Karena Anda berusaha untuk melindungi diri dari tanda-tanda penuaan, maka masuk akal jika hanya terfokus pada bagian wajah. Namun, dr. Graf mengingatkan bahwa salah satu area tubuh yang mudah mengalami penuaan adalah dada. Menutupnya hanya dengan pakaian tidaklah cukup. Gunakan sunblock dari atas kepala hingga kaki. Tidak hanya pada wajah tetapi juga pada tangan dan kaki yang tidak terlindungi pakaian. Jangan lupa juga telinga Anda. (umi)
• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: