Seberapa Penting Maskara Pada Riasan?

28 Apr

Tiga belas tahun berkecimpung di dunia tata rias, dipercaya banyak artis Indonesia, membuka lembaga pengajaran tata rias, plus menjadi duta merek kosmetika asal Amerika, Max Factor, semakin mengukuhkan nama Gusnaldi sebagai penata rias kawakan. Usai pengumuman namanya sebagai duta Max Factor yang masuk kembali ke pasar Indonesia beberapa waktu lalu, Gusnaldi berbagi cerita kepada Kompas Female mengenai salah satu produk unggulan dari brand tersebut, maskara False Lash Effect.

Sebelum diumumkan sebagai duta Max Factor, Gusnaldi melakukan survei kecil-kecilan terhadap gaya berdandan wanita Indonesia. “Saya melihat, banyak informasi yang salah mengenai cara tata rias beredar di masyarakat. Hal ini merumitkan para wanita.

Apalagi dengan memiliki begitu banyak alat dan produk tata rias di dalam tas, makin pusing jadinya. Kemudian saya melakukan riset lewat klien-klien, murid-murid, serta teman-teman lewat interaksi di akun sosial media dan situs saya. Saya menanyakan, apa yang mereka ingin perdalam tentang riasan, jawabannya selalu seputar riasan mata. Dari lewat ungkap-ungkap mereka, terlihat bahwa riasan mata itu penting,” cerita Gusnaldi. “Saya bertanya kepada para sahabat-sahabat cantik saya di Facebook mengenai produk apa yang paling mereka butuhkan, pilihannya maskara, lipstik, atau blush on. Sebanyak 40 persen dari sekitar 2.300 pemilih mengatkan maskara adalah kebutuhan dasar dalam riasan mereka,” tuturnya.

Menurut Gusnaldi, mengaplikasikan lipstik adalah hal yang mudah, “Tetapi mengaplikasikan maskara dengan baik dan benar itu bukan pekerjaan gampang.” Selama 13 tahun bergerak di dunia tata rias profesional membuat Gusnaldi bisa dengan lantang mengucapkan, bahwa tata rias mata memegang 25 persen tampilan total seorang wanita.

“Ada rasa tidak nyaman saat memilih maskara yang tidak bagus. Kalau tak ingin menggunakan lipstik, tidak masalah, cukup gunakan maskara, seketika penampilan berubah dan terlihat fashionable,” jelasnya.

Maskara vs Bulu Mata Palsu
Gusnaldi mengungkap, fungsi maskara adalah untuk memunculkan bulu mata asli semaksimal mungkin. Karena menurutnya, “lebih asik” melihat bulu mata asli yang dipulaskan maskara bagus ketimbang melihat tampilan bulu mata palsu.

“Mengenakan bulu mata palsu itu merepotkan, menghabiskan waktu lama, dan tidak nyaman, jadi jika ada maskara yang bisa membuat bulu mata asli terlihat lebih tebal dan panjang, lebih baik memilih maskara itu ketimbang bulu mata palsu,” jelasnya.

Sumber:female.kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: