Kenali Tanda Kosmetik Kedaluwarsa

5 May

Salah satu hal yang menyenangkan dari menggunakan kosmetik adalah kita bisa berkeksperimen dengan berbagai warna dan jenis. Mulai dari warna lipstik yang sesuai dengan warna tas atau sepatu, foundationkhusus untuk ke pesta, sampai pelembap pagi dan malam hari. Variasi warna, jenis, dan kebutuhan inilah yang kemudian membuat kita ‘mengoleksi’ kosmetik atau makeup. 

Tapi saking bervariasinya, kita kadang-kadang lupa untuk menyaring mana kosmetik yang masih aman untuk digunakan dan mana yang tidak. Padahal kosmetik sama seperti makanan, mereka memiliki jangka waktu penggunaan. Jika kita menggunakannya di luar batas waktu penggunaan atau kedaluwarsa, kosmetik pun berubah fungsi. Perubahannya adalah dari yang seharusnya membuat tampilan lebih cantik, justru menimbulkan berbagai masalah kulit.

Karena itu, Amy Tirtosupono-Wirabudi, Editor in Chief majalah InStyle, menyarankan kita untuk mengenali tanda-tanda kosmetik masih aman untuk digunakan. “Misalnya, maskara sebaiknya digunakan dalam waktu 3 bulan. Artinya, dalam setahun kita membeli maskara sebanyak 4 kali.” Bagaimana dengan kosmetik yang lain?

Amy menyebutkan, kisaran untuk liquid foundation masa layak pakainya adalah 1 tahun, cream foundation sekitar 2 tahun, bedak tabur, kompak, dan eye shadow sekitar 1 tahun. Sedangkan untuk lipstik sebaiknya digunakan selama 2-3 tahun. “Tergantung pada creamy-nya,” Amy menambahkan. Bagaimana dengan eye atau lip pencil? “Kisaran masa pakainya adalah 1 tahun,” jawab Amy.

Untuk mengetahui apakah kosmetik kita masih baik atau tidak, Amy menyarankan kita untuk melihat aroma, warna, dan teksturnya apakah masih baik atau tidak. “Jika berubah, segeralah dibuang.” Cara lainnya, tempelkan stiker yang bertuliskan tanggal pertama kali dibuka, pada kemasan kosmetik. Tapi jika kita mau pakai sistem “pukul rata”, Amy menambahkan, buanglah kosmetik setiap mencapai waktu 1 tahun setelah dibeli, kecuali untuk yang bentuknya creamypadat seperti lipstik dan cream foundation, yang bisa tahan sampai 2 tahun.

Sedangkan khusus untuk kosmetik berbentuk pensil (pensil alis, lip pencil, serta eyshadow) pasti bisa bertahan lebih dari setahun. Setiap merautnya bakteri langsung terbuang.

Untuk memperpanjang usia kosmetik, Amy tak lupa menyarankan kita untuk menyimpannya dalam temperatur ruang, jangan kena panas. Gunakan kuas dan aplikator lain seperti spon, spatula, dan cotton bud yang bersih. “Bila mengambil krim terlalu banyak, jangan ditaruh ke dalam tempatnya lagi. Ini justru memperbanyak bakteri yang masuk,” ucap Amy.(Christina/Siagian Priska)

Sumber:.preventionindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: