Tips Praktis Memilih Kebaya Pengantin Modern

13 May

Gaun adalah salah satu elemen penting dalam pesta pernikahan Anda. Untuk itu, berbelanja gaun haruslah cermat, teliti, dan dipersiapkan dengan baik. Berikut ini tipsnya untuk Anda.

9-12 Bulan Sebelumnya

– Mulailah membayangkan gaun yang akan Anda kenakan. Pikirkan mengenai gaya keseharian Anda. Sekarang coba pikirkan 6 hal yang menonjol dari diri, bagaimana ingin terlihat dan apa yang dirasakan (cerah, manis, elegan, mewah, sexy, sophisticated, dan yang lainnya). Hal ini bisa membantu Anda memilih gaun yang sesuai.
– Pilih hari dan tanggal dan perhatikan seberapa formal pestanya sebelum Anda mulai mencari gaunnya. Tentukan pula gaun dan design yang pas untuk figur tubuh Anda.
– Browsing beraneka pilihan gaun di internet atau cari di majalah Banyak pilihan designer dan juga style yang bisa Anda pilih. Pilih dan hubungi vendor dengan design yang paling Anda sukai.
– Ambil kertas dan pensil dan tulislah apa yang tidak diinginkan dari gaun Anda (sebagai contoh, lengan pendek, rok balon, ataupun payet-payet).
– Tentukan budget Anda untuk gaun. Yang terbaik adalah menghabiskan 10% dari total keseluruhan budget pernikahan Anda.

8 Bulan Sebelumnya

– Temukan dua atau tiga bridal yang cocok dengan Anda. Cari teman yang sudah menikah dan mintalah referensi dari mereka. Cek untuk melihat bridal mana yang bekerjasama dengan designer yang Anda sukai. Hubungi dan buat perjanjian, berikan waktu sekitar satu jam untuk setiap salon yang Anda sukai.
– Siapkan aksi Anda. Banyak bridal menyediakan beberapa hal yang essensial di bawah ini, Akan tetapi tak ada salahnya Anda menyiapkannya sendiri dari rumah: kemben dan sepatu dengan hak yang tingginya kira-kira sama dengan yang akan Anda pakai di hari pernikahan.
– Ketika sedang berbelanja catatlah alamat dan designer yang Anda sukai dan tulislah deskripsi gaun beserta harganya.
– Konsultasikan dengan yang mengukur dan setelah itu mintalah 1-2 cm ekstra, agar jika Ada kesalahan lebih mudah untuk diperbaiki. Aakan lebih mudah dan lebih murah untuk mengecilkan gaun daripada membesarkan.

7 Bulan Sebelumnya

– Spesifikasikan gaun yang akan Anda gunakan dan pergi kembali ke bridal. Anda dapat kembali lagi berulang kali. Kemudian sekali waktu pergilah sendiri (jadi Anda bisa mempertimbangkannya sendiri tanpa harus dipengaruhi oleh pendapat orang lain)
– Di bridal, tanyalah jika gaunnya telah berkoordinasi dengan aksesoris (seperti cadar dan mahkota). Dan cobalah benda tersebut juga. Jangan takut untuk tidak memesan apapun, karena Anda masih mempunyai cukup waktu.

6 Bulan Sebelumnya

– Pesan gaun yang Anda inginkan. Pastikan agar beberapa hal penting ini tertulis didalam kontrak Anda:
1. Nama designer
2. Nomor style atau nama
3. Ukuran yang dikirimkan ke penjahitnya.
4. Tanggal pengiriman barang
5. Berapa banyak fitting yang termasuk di dalam harga
6. Berapa banyak uang yang masih harus dibayar untuk gaun
7. Besaran deposit yang harus Anda bayarkan

5 Bulan Sebelumnya

– Telpon bagian bridal untuk mengkonfirmasikan tanggal pengiriman
– Tentukan Aksesoris – sepatu, lingerie, perhiasan, hiasan kepala, sarung tangan, dan sebagainya. Kemudian belilah aksesoris tersebut jika tidak termasuk di dalamnya.
– Jika Anda merencanakan untuk menguruskan badan, lakukanlah sekarang. Ketika fitting belum dilakukan. Ketika fitting sudah dilakukan usahakan untuk mengontrol berat badan Anda. Akan lebih baik jika Anda melupakan diet, bagaimanapun Anda tetap terlihat cantik di mata pasangan berapapun berat Anda. Namun menambah berat badan merupakan keputusan yang buruk.

6 Minggu Sebelumnya (atau ketika gaun Anda telah siap)

Pada fitting yang pertama ini, undanglah teman dan kerabat Anda dan mintalah komentar mereka. Pakai juga semua aksesoris yang ada untuk melihat keseluruhan penampilan Anda.

4-5 Minggu Sebelumnya

– Fitting yang kedua, pastikan Anda mendapat:
1. Panjang gaun pas pada ujung sepatu Anda. Jika terlalu panjang ataupun terlalu pendek tentu akan terlihat buruk.
2. Anda dapat bergerak dengan nyaman.
3. Tidak ada kerutan, gelombang, atau tarikan yang jelas di gaun Anda.

– Lanjutkan fitting sampai pas benar dengan tubuh Anda.
– Bawalah pendamping Anda untuk mencoba gaun, Apakah pas atau masih kurang? Pastikan mereka tahu apa yang harus dilakukan. Seperti misalnya saja bagaimana mengatasi kusut? Apakah disetrika atau disteam? Bagaimana jika ketumpahan sesuatu? Adakah yang bisa mengatasinya dalam waktu singkat?

3 Minggu Sebelumnya

– Jadwalkan hari dan waktu untuk mengambil gaun Anda di bridal. Sebaiknya Anda mencobanya sekali lagi. Terutama jika terakhir kali Anda fitting tenggang waktunya sudah lama. Kita semua tahu bahwa masa stres mempengaruhi selera makan, dan jika tiba-tiba gaunnya tidak muat, Anda akan membutuhkan waktu untuk memperbaikinya atau mungkin diet Anda yang harus diubah.
– Gaun Anda sudah siap untuk digunakan.

wanita-gaya.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: