Makanan Pelawan Kerontokan Rambut

19 May

Rambut menipis adalah hal yang menyeramkan bagi perempuan. Tak hanya perlu perawatan luar, asupan makanan juga penting dijaga. Jika Anda mulai melihat rambut-rambut rontok menumpuk di lantai, bantal, atau lubang air di kamar mandi, sebaiknya Anda mulai mencoba mengasup makanan yang menguatkan serta menjaga kulit kepala Anda. Berikut ini beberapa di antaranya:

Ikan, telur, dan kacang-kacangan
Kandungan paling utama rambut adalah protein. Karena itu, mencoba mengonsumsi protein akan membantu bagi kesehatan rambut. Namun, bukan berarti Anda bisa makan makanan berprotein tinggi sesukanya tanpa melihat kandungan lain. Steak, misalnya, kaya akan protein, tetapi juga tinggi lemak. Lemak yang tinggi akan menambah level testosteron. Hal ini dipercaya bisa menyebabkan rambut rontok. Jadi, steak adalah makanan yang sebaiknya dihindari agar rambut tidak semakin rontok. Pilihlah makanan berprotein yang cukup, seperti ikan-ikanan (yang juga memiliki kandungan lain yang baik untuk tubuh), ayam, hati sapi muda, keju rendah lemak, telur, kacang almon, biji-bijian, dan yoghurt. Susu kedelai dan tahu juga merupakan tambahan makanan yang baik karena kaya akan protein serta rendah lemak jahat.

Kismis
Zat besi memainkan peran penting dalam memproduksi hemoglobin, bagian dari darah yang membawa oksigen ke seluruh organ tubuh dan jaringan. Saat hemoglobin berada dalam level sehat, oksigen disebarkan dengan baik. Ini berarti kulit kepala Anda mendapatkan aliran darah yang sehat dan akan menstimulasi serta membangun rambut sehat. Menambahkan zat besi dalam makanan bukan berarti Anda harus makan hati setiap hari. Anda bisa menambahkan makanan manis, seperti kismis dan jus ceri, yang kaya zat besi.

Telur, kurma, kismis, sayuran berdaun hijau tua, dan sereal gandum utuh juga kaya akan zat besi. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, yang bisa didapatkan dari jeruk, stroberi, dan lemon.

Tauge

Tubuh kita menggunakan zat bernama silika (bukan silica gel untuk penyerap lembab dalam tas) untuk menyerap vitamin dan mineral. Jika tubuh kekurangan silika, asupan vitamin yang Anda masukkan setiap hari tidak akan berguna. Silika bisa didapat dari tauge, kulit ketimun, paprika merah dan hijau, serta kentang.

kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: