9 Kesalahan Umum Pengaplikasian Tabir Surya

23 May

Anda pasti sudah paham mengenai fungsi tabir surya pada wajah. Tetapi, bila Anda melakukan satu atau beberapa kesalahan yang berhubungan dengan pengaplikasiannya, maka upaya Anda pun sia-sia. Apa saja yang patut diberikan perhatian lebih untuk menggunakan tabir surya?

Pelit
Jika Anda berusaha menghemat atau berpikir hasilnya akan sama saja jika dioleskan sedikit saja pada kulit, maka perlindungan kulit Anda tak akan total seutuhnya. Jeannette Graf, seorang dermatolog menyarankan untuk menggunakan ukuran koin logam untuk memperkirakan jumlah tabir surya yang baiknya digunakan pada bagian wajah, dan ukuran sekitar 2 gelas sloki untuk seluruh tubuh. Jika Anda akan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, oleskan di seluruh tubuh dan wajah Anda, meski Anda berencana mengenakan pakaian renang tertutup sekalipun. Lakukan pengolesan setidaknya 20 menit sebelum berada di bawah sinar matahari, gunanya untuk memberikan kesempatan si tabir surya meresap. Jika Anda menunggu hingga berada di bawah matahari baru mengoleskan tabir surya, kulit Anda akan menjadi sangat rentan saat diaplikasikan.

Cuek di Saat Mendung
Apakah Anda akan berhenti menggunakan sabuk pengaman hanya karena Anda tak bisa melihat mobil lain di jalan raya? Tidak, kan? Sama seperti hal tersebut, Anda pun butuh proteksi meski Anda tak bisa melihat matahari sekalipun. “Saat mendung pun Anda tetap akan terekspos sinar UVA, yakni tipe sinar matahari yang menyebabkan penuaan dan kanker, sama seperti saat musim panas,” terang Graf. Selalu awali hari Anda dengan mengaplikasikan tabir surya di setiap kulit yang rawan terekspos sinar matahari.

Berpikir Bahwa SPF Tinggi Adalah Keamanan Terbaik
“Banyak orang yang berpikir semakin tinggi nilai SPF yang tertera pada kemasan berarti pengamanan yang lebih lama,” ujar Graf. Tak peduli berapa pun angka yang tertera pada kemasan tabir surya yang Anda pilih, Anda tetap harus mengaplikasikan ulang dengan sebaik-baiknya setidaknya setiap 90 menit.

Bukan Formula yang Tepat
Tabir surya dengan spektrum luas, yang menghadang sinar UVA dan UVB adalah yang Anda butuhkan. Carilah produk yang mengandung Mexoryl, Helioplex, atau zinc oxide.

Ada yang Terlewat
Rambut tebal tak berarti kulit kepala Anda memiliki proteksi lebih. Jika Anda akan berada di bawah matahari, Graf menyarankan untuk menyemprotkan tabir surya semprot, atau selalu membawa topi. Jangan lupa pula telinga Anda. Tak hanya wajah Anda yang butuh perlindungan. Bagian yang paling sering terlewat lainnya adalah bagian kaki, apalagi usai melangkah di genangan air. Pastikan Anda mengolesi tabir surya di bagian punggung telapak kaki sebelum menggunakan sandal.

Salah Menghitung
Mengoleskan SPF 15 di atas lapisan tabir surya yang nilai SPF-nya 30 bukan berarti Anda akan mendapatkan perlindungan dari SPF 45. Cukup gunakan tabir surya dengan SPF setidaknya 30, dan aplikasikan ulang untuk proteksi optimal.

Bersandar pada Make-up
Banyak make-up bedak atau foundation yang sudah dilengkapi dengan tabir surya. Namun, ini tidak berarti bahwa tata rias tersebut sudah cukup memberikan proteksi yang cukup. Para ahli mengatakan, bahwa Anda perlu mengaplikasikan 7 lapis foundation untuk mendapatkan nilai SPF yang tertera pada kemasan make-up.

Anda Tak Tahu Bahwa Anda Supersensitif
Kebanyakan orang tak menyadari bahwa beberapa medikasi, seperti resep untuk tekanan darah tinggi, obat KB, dan antibiotik tertentu bisa membuat Anda sensitif terhadap sinar matahari dan rentan terhadap kulit terbakar. Perhatikan pula makanan yang Anda asup, seperti seledri dan limau, serta buah sitrus lainnya yang mengandung  furocoumarins. Sinar mentari yang berinteraksi dengan zat kimiawi ini bisa menyebabkan bintik hitam yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menghilang, jadi, perhatikan apa yang Anda seruput saat berada di bawah sinar mentari, ya.

Lupa Melindungi Bibir
Bibir mendapatkan eksposur terhadap sinar matahari lebih banyak ketimbang bagian lain pada wajah. Jika Anda memiliki kebiasaan untuk mengoleskan lip gloss sebelum berenang, sama saja dengan menggunakan baby oil dan berjemur, Anda akan membakar bibir Anda. Jika Anda berencana untuk berada di luar ruangan, pastikan lip gloss Anda mengandung SPF 20, dan aplikasikan sesudah Anda mengolesi bibir dengan pelembap sekaligus tabir surya khusus bibir. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya berulang kali. Kita makan, minum, dan menjilat lidah, secara tak sadar, tabir surya ini akan hilang dengan sendirinya. Penting untuk terus menerus mengaplikasikan ulang.

kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: