Kenali Penyebab Kerontokan Rambut

23 May

Mari kenali sebab-sebab kebotakan :

–   Androgenetic alopecia
Jenis kebotakan ini disebabkan oleh keturunan. Meskipun umum dijumpai pada laki-laki, jenis kebotakan ini juga dapat dialami perempuan. Riwayat Androgenetic alopecia dalam keluarga Anda meningkatkan risiko kebotakan. Faktor keturunan juga memengaruhi usia mulai kerontokan rambut, kecepatannya rontok, pola, hingga bentuk kebotakan itu.

–   Alopecia areata
Jenis kebotakan ini dikategorikan sebagai penyakit otoimun yang sebabnya tak diketahui. Orang yang mengalami kebotakan jenis ini umumnya memiliki kesehatan yang baik. Para ahli percaya bahwa sejumlah orang secara genetik punya kecenderungan untuk mengalami alopecia areata.

Sebuah pemicu seperti virus atau sesuatu di lingkungan memunculkan penyakit itu. Riwayat penyakit dalam keluarga memperbesar kecenderungan kena kebotakan jenis ini juga. Pada jenis kebotakan ini, rambut Anda bisa tumbuh kembali, tetapi rontok dan tumbuh kembali berkali-kali.

Selain dua jenis kebotakan itu, sebab-sebab lain kebotakan adalah:

–   Penyakit
Seperti diabetes, lupus, dan penyakit tiroid.

–   Gizi buruk
Kekurangan protein atau zat besi, juga kekurangan gizi secara umum, dapat menyebabkan kerontokan rambut. Diet yang salah atau terlalu ekstrem juga penyakit bulimia menyebabkan tubuh kekurangan gizi.

–   Obat-obatan
Kemoterapi dan radioterapi dapat menyebabkan Anda mengalami alopecia. Setelah pengobatan berakhir, rambut Anda kembali tumbuh.

–   Demam tinggi, flu berat, atau operasi besar
Mungkin Anda pernah mengalami rambut menipis tiga sampai empat bulan setelah sakit atau dioperasi. Kondisi seperti ini menyebabkan rambut beralih ke fase istirahat. Artinya, rambut lebih sedikit yang tumbuh kembali. Rambut itu akan tumbuh kembali setelah fase istirahat berakhir.

–   Melahirkan
Beberapa wanita mengalami peningkatan kerontokan rambut beberapa bulan setelah melahirkan. Ini karena selama kehamilan rambut berubah menjadi sangat aktif, lalu kembali ke asal setelah melahirkan. Peningkatan kerontokan ini akan berhenti dengan sendirinya.

–   Bahan-bahan kecantikan rambut
Bahan-bahan kimia yang digunakan untuk mengecat, meluruskan, atau mengeriting rambut dapat merusak dan merontokkan rambut jika digunakan berlebihan atau tak dipakai secara benar. Penataan dengan cara menarik rambut terlalu keras juga dapat merontokkan rambut.

–   Infeksi kulit kepala
Infeksi dapat juga merambah ke rambut dan kulit kepala sehingga menyebabkan kerontokan rambut. Rambut akan tumbuh kembali setelah infeksi itu hilang. Infeksi jamur di kulit kepala dapat diobati dengan obat oles atau oral antijamur.

Apa yang harus dilakukan ketika rambut terus rontok?

–   Kenali dengan baik sebab-sebab kerontokan rambut Anda dan cari tahu pengobatan yang tersedia. Hati-hati dengan terapi alternatif yang belum terbukti dan mungkin punya efek samping tak menyenangkan.

–   Beri pengertian kepada orang terdekat. Mereka akan lebih simpati jika tahu sebab kebotakan yang tentu memengaruhi penampilan Anda.

kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: