Cermat Rawat Mutiara

25 May

Mengenakan aksesori mutiara bisa membuat penampilan Anda terlihat alami. Jika perhiasan lain, kilaunya akan memudar jika semakin sering digunakan.

Sebaliknya, perhiasan mutiara Anda akan semakin berkilau jika sering dipakai. Pasalnya keringat tubuh justru menambah kilaunya.

Harga mutiara asli terutama mutiara alam yang sangat mahal seringkali memengaruhi kepemilikan perhiasan itu. Bagi Anda yang ingin mengenakan mutiara dengan harga terjangkau, bisa memilih mutiara hasil budidaya.

Jika mutiara alam biasa dijual berdasarkan beratnya yang dinyatakan dalam satu karat. Sedangkan, mutiara hasil budidaya, harga jualnya ditentukan oleh ukuran lingkarannya dalam milimeter.

Agar kilau mutiara Anda tetap terjaga, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan: Usahakan mengenakan perhiasan mutiara setelah Anda selesai menggunakan make up dan menyemprotkan parfum. Saat ingin mengenakan hand and body lotion atau cream, lepaskan dulu cincin atau gelang mutiara yang anda pakai. Jika ingin melepas perhiasan mutiara untuk disimpan, lap dulu dengan kain lembut dan bersih.

Anda bisa membasahi dulu kainnya atau melap-nya kering. Jika basah,kering-anginkan mutiara sebelum menyimpannya. Mutiara yang sangat kotor bisa dicuci dengan air hangat yang sudah dicampur sabun. Jangan menggunakan larutan kimia atau deterjen karena akan merusak lapisannya. Juga hindari membersihkan mutiara dengan kain yang kasar. Simpan perhiasan mutiara di tempat tersendiri, terpisah dari perhiasan lainnya.

Hal itu disebabkan mutiara lebih mudah tergores oleh perhiasan dari logam dan batu-batuan yang menghiasinya. Letakkan dalam kotak terpisah atau bungkus dulu dengan kain lembut sebelum menyimpannya dengan perhiasan lain. Kalung mutiara secara periodik memerlukan tali baru (baik yang terbuat dari sutra maupun nilon) agar bentuknya tetap bagus.

Sumber:republika.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: