Tak Lagi Dominasi Warna Hitam, Abaya Saudi Kini Penuh Warna-Warna Eksotik

13 Jun

Seorang disainer Arab Saudi, Eman Al-Mandeel, merancang baju panjang abaya gaya baru. Di toko eksklusifnya, Eman membuat abaya dari bahan eksotik berwarna-warni.

Pada beberapa tahun terakhir, terjadi evolusi abaya yang dipelopori Eman dan desainer-desainer lainnya. Eman sendri mulai membuat gaun-gaun tersebut 12 tahun lalu saat tinggal di Dubai.

Dia memakai rancangannya untuk aktivitas sehari-hari di luar rumah. Tak disangka-sangka, sejumlah orang memintanya untuk membuat abaya gaya barunya tersebut.

Eman kemudian pindah ke Riyadh yang merupakan salah satu kota paling konservatif Arab Saudi. Ternyata abaya warna-warni khas Eman yang dijual dengan harga 282.33€ AS (Rp 3,4 juta) itu ternyata banyak digemari.

Tradisi Ribuan Tahun

Suku Bedouin memakai abaya untuk melindungi diri dari cuaca padang pasir. Wanita Arab Saudi biasanya memakai abaya polos berwarna hitam jika berada di luar rumah.

Salah satu hal yang dilakukan wanita jika baru tiba di Arab Saudi adalah membeli abaya. Jubah panjang hitam yang harus dipakai wanita di depan umum ini berbeda dengan burka yang juga banyak dipakai.

Pakaian abaya ini sudah dipakai wanita sejak ribuan tahun lalu. Suku Bedouin memakainya untuk melindungi diri dari cuaca padang pasir. Tetapi, sekarang abaya dikaitkan dengan agama dan dipakai wanita Muslim bukan hanya untuk melindungi diri dari cuaca. Tetapi, wanita juga menggunakan abaya untuk menghindari dari pandangan laki-laki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: