4 Tips Kecantikan yang Tak Berlaku untuk Semua

6 Jul

Demi mempercantik penampilan, apa saja akan dilakukan. Begitu juga dengan perawatan rutin. Anda mungkin sering mendapatkan berbagai tips yang umumnya diberikan saat membeli produk perawatan di konter kecantikan. Ada juga yang didapat dari teman maupun kenalan. Namun, ternyata tidak semua tips itu cocok untuk Anda, karena sebenarnya kondisi pada setiap orang bisa berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa tips yang sering Anda dengar dan ketahui apakah hal ini berlaku bagi Anda:

1. Mencuci rambut setiap hari
Mungkin ada yang bilang, mencuci rambut setiap hari baik untuk melenyapkan kotoran agar Anda terhindar dari berbagai penyakit. Namun, menurut Kevin Mancuso, Creative Director dari Nexxus, hanya wanita yang memiliki rambut yang berminyak lah yang perlu mencuci rambut setiap hari, supaya kadar minyak yang menumpuk di rambut secara berlebihan bisa dibersihkan dan rambut bisa lebih bervolume, alih-alih terlihat lepek. Sementara untuk mereka yang memiliki rambut tipe normal atau kering, sebaiknya cukup melakukannya beberapa hari sekali.

2. Mengaplikasikan alas bedak ke seluruh bagian wajah
Meski Anda ingin memiliki wajah yang tampak tanpa noda, bukan berarti harus menggunakan produk yang melapisi kulit secara berlebihan. Hal ini hanya berlaku bagi orang yang memang memiliki warna kulit wajah yang tidak merata, bekas luka yang dalam, atau bekas jerawat yang banyak. Lebih tepat, targetkan aplikasi alas bedak ke daerah-daerah yang perlu disamarkan, seperti lingkaran gelap di bawah mata, jerawat, atau bintik-bintik di wajah. Biarkan area wajah lainnya terlihat lebih alami, anjur Sarah Lucero, make-up artist dari Stila Pro. Gunakan bantuan kuas saat mengaplikasikan foundation, berkonsentrasilah pada tempat-tempat yang ingin disamarkan. Pastikan area itu dalam kondisi agak basah, sehingga formula dari foundation bisa menyatu dengan kulit.

3. Potong rambut setiap dua bulan
Menurut Mancuso, bila kondisi rambut Anda memang sehat dan kuat, Anda dapat menunggu hingga tiga bulan atau lebih, baru datang ke salon untuk dipotong. Mereka yang butuh lebih sering memotong ataupun merapikan rambut adalah pemilik model rambut tertentu atau yang rambutnya rusak akibat terlalu sering diwarnai atau dipakaikan produk penata rambut. Perlu diingat, sering memotong rambut tidak membuatnya lantas tumbuh lebih cepat, karena rambut itu tumbuh dari akar, bukan dari ujung. Mereka yang rambutnya pecah-pecah di bagian ujung juga perlu sering merapikan rambut supaya kondisi ini tidak merusak rambut secara keseluruhan, kata Mancuso.

4. Lakukan pengelupasan untuk menghilangkan kulit mati di wajah
Banyak yang menyarankan untuk melakukan eksfoliasi (pengelupasan), agar sel kulit mati dikikis dari kulit sehingga wajah terlihat lebih awet muda. Ternyata, menurut Dr Heidi Waldorf, ahli kulit dan direktur dari Laser and Cosmetic Dermatology, Mount Sinai Medical Center, New York, yang butuh tindakan eksfoliasi sebenarnya hanyalah mereka yang memiliki kulit kering dan kasar. “Pergantian sel akan terjadi dengan alami apabila kondisi kulit Anda memang sehat,” kata Dr Waldorf. Jadi, kalau Anda tidak masuk kategori yang disebutkan di atas, tidak perlu menjalaninya.

kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: