Cara Tepat Memilih Jas Hujan

11 Jan

JAS hujan menjadi barang bawaan yang wajib bagi pengendara sepeda motor. Apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, pakaian anti air tersebut sangat besar manfaatnya untuk melindungi dari percikan air, menjaga suhu tubuh saat berkendara di waktu hujan, dan lain-lain.

Berbagai jenis jas hujan juga sudah mulai merambah ke dalam model-model yang bisa menjadi trend dan modis bagi para pemakainya. Model-model terbaru dari jas hujan sengaja di buat eye catching oleh produsen agar terlihat manis bagi pemakainya. Jenis-jenis jas hujan berdasarkan bentuknya, seperti: Jas hujan ponco, bentuknya sederhana, seperti jubah yang memiliki belahan samping. Ukurannya bermacam-macam, bisa panjang ke bawah sehingga bila digunakan lebih aman. Jas hujan overcoat, jas hujan seperti jaket atau mantel. Jas hujan training, jas hujan ini terdiri atas dua bagian, yaitu setelan atas berupa jaket dan setelan bawah berupa celana. Biasanya sangat cocok untuk mengendarai sepeda motor sport. Jas hujan rok atau gamis, jas hujan ini mungkin lebih praktis bila dibandingkan dengan model training.

Ada bermacam-macam merek dan jenis jas hujan, agar kita tidak bingung ketika memilih jas hujan, berikut beberapa tips memilih jas hujan yang nyaman dan aman untuk berkendara.

* Gunakanlah jas hujan yang memiliki ukuran yang pas dengan ukuran tubuh.

* Pilihlah jas hujan yang berbahan karet polyvinyl chloride (PVC), karena bahan ini sudah teruji ketahanannya. Jas hujan yang menggunakan bahan dari PVC lebih tebal dan lebih kedap air daripada yang berbahan plastik biasa dan parasut sehingga air tidak merembes. Pilihan itu tentu sangat beralasan karena kita menggunakan jas hujan agar badan tetap kering dan terlindungi dari guyuran air hujan.

* Ketika memilih jas hujan periksalah kondisi resletingnya. Pilihlah resleting yang rapat agar air tidak mudah masuk dari celah-celahnya, atau lebih baik lagi memilih jas hujan yang tanpa resleting.

* Sebisa mungkin memilih jas hujan yang tanpa jahitan (biasanya jas hujan yang terbuat dari PVC), seandainya terpaksa harus yang model jahitan maka periksa dari setiap jahitannya, upayakan harus rapat dan kuat untuk menghindari rembes dan robek akibat tiupan angin.

* Lebih baik jika kita memilih model two-piece (atasan dan bawahan). Hidari model-model yang besar (Batman) selain risih atau tidak leluasa, dan cukup membahayakan kita bila berkendara terutama saat kendaraaan melaju kencang. Jas hujan model ini juga akan mengganggu pengendara lain yang berada di belakang atau di samping kita, karena kibasannya yang dapat membatasi pandangan pengendara tersebut.

* Sesuaikan dengan warna kendaraan kita. Karena jas hujan juga bisa membuat tampilan lebih menarik (fashionabel). Atau juga pilih jas hujan dengan warna yang terang.

Sejatinya jas hujan tak hanya berfungsi melindungi badan dari guyuran air hujan, juga berfungsi sebagai penunjang keamanan berkendara baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Pada saat air hujan mengguyur deras, pandangan pengguna kendaraan baik motor maupun mobil juga terbatas karena terhalang air hujan. Karena itu bila jas hujan yang kita gunakan berwarna terang–lebih baik lagi bila mencolok dengan bagian tertentu memancarkan cahaya seperti rompi polisi–akan terlihat jelas oleh pengguna jalan lain.

· Dalam memilih jas hujan, sesuaikan juga dengan kondisi keuangan kita, akan tetapi lebih baik mahal sedikit tapi awet, tidak rembes dan tahan lama daripada murah tapi hanya sekali pakai dan bocor.

Sumber:balipost.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: