Tujuh Cara memilih Rok Sesuai Dengan Tubuh

14 Apr

1365243850rokRok bagi pekerja kantor sangatlah penting. Karena, rok memperlihatkan kaum wanita lebih feminim dan menarik. Namun terkadang para wanita sulit memilah- milah rok yang cocok untuk tubuhnya.

Nah, bila itu masalah Anda ada beberapa rok yang menjadi pilihan alternatif Anda dengan bentuk tubuh Anda seperti diungkapkan oleh seorang desainer Era Soekamto.

1. Pendek Perempuan bertubuh pendek sebaiknya memilik rok yang lurus dan agak menyempit atau yang menyerupai A-line selutut untuk memberi kesan lebih tinggi. Untuk detailnya, pilih rok berkancing depan, aksen susun, atau pilih model rok yang ada belahan tengahnya untuk memberi kesan kaki lebih panjang.

Hindari aksen saku tempel, detail lipatan, dan detail yang terlalu kekanak-kanakan agar tidak terkesan semakin mungil. Sedang untuk bahannya, sebaiknya dipilih dari bahan yang tidak terlalu kaku. Sebaiknya adalah bahan yang ringan dan melayang.

2. Lurus (Boyish) Untuk perempuan bertubuh lurus seperti laki-laki (boyish), menurut Era, cocok mengenakan rok model apa saja. Misalnya, rok lipit untuk menonjolkan bentuk pinggul. Atau, jika ingin menambah lekukan pinggul, bisa memilih rok dengan saku model slant (yang dijahit diagonal dari pinggang ke bawah ke arah keliman), saku tempel, ikat pinggang, dan obi yang tebal.

3. Berisi (Curvy) Untuk yang tubuhnya berisi (curvy), kata Era, bisa memilih rok dengan siluet yang agak menyempit. Misalnya, rok model A-line atau rok lilit.

”Pilih yang model depannya rata dengan resleting di bagian samping atau belakang,” sarannya. Model rok berpinggang rendah atau yang tidak memiliki bis pinggang, cocok untuk perempuan bertubuh curvy dengan perut, pinggul, dan bokong yang agak besar. Pilih tekstur yang rata dari bahan stretch atau ringan dan melayang agar jatuhnya terlihat mengikuti lekukan tubuh dan hindari model rok yang gombrong, dari bahan kaku, rok berlipit atau bersaku tempel, dan memiliki detail horizontal.

4. Torso Pendek, Kaki Panjang Perempuan yang bagian torsonya pendek, sehingga kakinya lebih panjang sebaiknya memilih rok model lurus, tanpa ban pinggang, tanpa detail atau lipit yang mengganggu garis pinggang. Hindari juga rok dengan ban pinggang yang lebar, rok yang berpinggang tinggi, rok model detail horizontal yang letaknya berdekatan dengan bagian atas rok.

”Untuk bahannya, pilih yang ringan dan melayang untuk mengamuflase torso yang pendek,” saran Era.

5. Torso Panjang, Kaki Pendek Bagi perempuan yang bagian torsonya lebih panjang ketimbang kakinya, sebaiknya memilih rok model lurus untuk memberi kesan kaki lebih panjang.

”Panjang ideal rok adalah tepat di atas lutut. Bila terlalu panjang atau pendek, akan membuat kaki kelihatan lebih pendek,” ujar Era.

”Tambahkan belahan di depan rok untuk membuat kaki terlihat lebih panjang,” sambungnya.

Atau, pilih rok dengan detail vertikal, seperti kancing depan, aksen susun, keliman atau trim untuk membantu menyeimbangkan proporsi tubuh. Hindarilah rok dengan pola horizontal dan detail yang rumit.

6. Bokong Besar Untuk perempuan yang berbokong besar, sebaiknya memilih rok yang agak membentuk siluet A-line, rok lilit atau rok model susun, yang panjangnya selutut. Namun, hindari detail berlebihan, karena akan memberi kesan bokong semakin besar. ”Rok tanpa ban pinggang dengan warna gelap, seperti abu-abu, cokelat atau warna pasir, sangat sesuai untuk perempuan dengan pantat yang besar,” kata Era.

7. Perut Besar Perempuan yang perutnya besar, sebaiknya memilih rok pensil yang agak menyempit dan rok model A-line. Pilih yang tanpa ban pinggang, rata di bagian depan, dengan resleting di samping atau belakang. Sedang warnanya, pilih yang gelap dengan tekstur rata. [ny/nr]

Sumber vivanews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: