Memperpanjang ‘Umur’ Produk Kecantikan

7 Sep

MahaniGallery_picAnda mungkin sudah pernah mendengar tip kecantikan yang menyarankan untuk menyimpan produk kecantikan di dalam kulkas. Hmm, betulkah bermanfaat? Berikut yang perlu Anda tahu.

 

1. Ya, tolong simpan di kulkas!
Jika Anda berhadapan dengan produk yang dibuat tanpa bahan pengawet, hawa sejuk dan tetap kering seperti kulkas adalah cara terbaik. Produk lain yang mendapat manfaat disimpan di kulkas adalah maskara atau eyeliner waterproof, karena kandung aktifnya yang jika terkena hawa panas dapat mempercepat ‘umur’ dan pengeringan produk. Menyimpannya dalam kulkas bisa membantu produk tahan air ini awet.
Jika Anda tinggal di iklim hangat, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menyimpan pelembap di dalam kulkas agar panjang umur. Biasanya, suhu di atas 40 derajat Celcius akan menyebabkan umur produk tiga kali lebih cepat daripada jika produk tersebut disimpan pada suhu kamar.
Hal yang sama berlaku untuk produk yang mengandung vitamin C dan A. Jika penyimpanannya tidak tepat, seperti dalam kemasan yang tidak kedap udara, bahan aktifnya akan menjadi tidak aktif lebih cepat pada suhu yang tinggi.

2. Opsional, nih
Secara umum, jika suhu kamar Anda adalah antara 15-21 derajat Celcius, pendinginan tidak diperlukan, kecuali untuk produk tentukan. Sebagai aturan umum, semua pengujian tabilitas produk dilakukan pada suhu kamar untuk menjamin ‘umur’ tetap pada suhu di toko.
Jika produk Anda memiliki kemasan perlindungan dari UV (biasanya dalam botol cokelat gelap) atau datang dalam tabung, Anda tidak perlu mendinginkannya di dalam kulkas. Dan jika produk mengandung bahan pengawet, Anda bisa menyimpannya pada suhu kamar.

3. Jangan simpan yang satu ini
Lalu, bagaimana dengan produk lain? Produk dengan formula berbasis minyak atau lilin dapat lebih solid jika disimpan dalam kulkas. Produk seperti face oil, primer silikon, dan foundation cair dapat lebih pekat dan mungkin hanya berakhir tak oke saat pengaplikasian. Menyimpan mereka pada suhu kamar adalah yang terbaik.

 

Sumber grazia.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: